Wednesday, November 23, 2016


Kali ini saya coba berbagi pengalaman yang saya alami. Dimana suatu hari saya harus merekap kumpulan data berupa nomor rekening bank dari karyawan yang jumlahnya ratusan.

Saat saya menerima data tersebut, saya bertanya apakah data yang saya terima tersebut sudah pasti tidak ada yang sama ? mengingat hal itu merupakan sesuatu yang sangat riskan.

Oleh karena itu saya coba googling untuk mengetahui bagaimana caranya mengecek data tersebut jika ada no rekening yang sama. Akhirnya saya menemukan cara untuk mengecek data tersebut, dengan menggunakan fungsi logika dalam excel.
Cara tersebut adalah dengan menggunakan fungsi if yaitu :
 =if(max(countif(cell area;cell area)>1);"dbl";"-").

Adapun penjelasan dari rumus tersebut Cell area adalah kolom yang berisi angka / data yang akan kita bandingkan jika terdapat lebh dari satu untuk angka atau data.
Misalkan daftar angka / data berada pada cell D3 sampai dengan D22,maka cell tersebut di isi $D$3:$D$22;$D$3:$D$22.

Rumus excel untuk mencari data yang sama :

=IF(MAX(COUNTIF($D$3:$D$22;$D$3:$D$22)>1);"dbl";"-")

1. Angka 3 dan 22 adalah data yang akan kita cek untuk nilai yang duplikatnya. Sehingga kita tidak bisa menggunakan dua kolom. Pada contoh rumus tersebut saya menggunakan symbol "titik koma (;) karena regional seting windows yang saya gunakan adalah Indonesia. Jika menggunakan regional setting English maka gunakan symbol "koma" (,).

2. Angka 1 sebelum kurung tutup adalah sebagai batasan dalam arti jika terdapat lebih dari satu dengan data yang sama.

mencari data yang sama di excel 
3. Karakter "dbl" adalah teks sebagai tanda jika terdapat angka / data yang lebih dari satu maka akan menghasilkan dbl. Jadi anda dapat mengganti kata tersebut sesuai yang anda inginkan.

4. Tanda "-" adalah sebagai simbol yang diberikan jika tidak terdapat data yang lebih dari satu. Dari penjelasan tersebut maka akan menghasilkan contoh di bawah ini yang ditunjukkan pada dengan status dbl (double / sama):

Demikian fungsi if yang saya gunakan untuk mencari angka / data yang lebih dari satu. Semoga dapat membantu dalam pekerjaan / tugas para pembaca.

Anda dapat mempelajari fungsi if lainnya seperti :

Fungsi If untuk menghasilkan asumsi tertentu


ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar