Saturday, April 14, 2018

Tips Meningkatkan Kecepatan System Windows

Siapa yang tidak ingin memliliki kinerja perangkat komputer yang cepat. Namun untuk mendapatkan hal itu biasanya user menambahkan hardware dimana memerlukan dana yang tidak cukup sedikit.
Oleh karena itu saya mencoba berbagi sedikit pengalaman untuk meningkatkan proforma / kinerja dari komputer yang dimiliki dengan beberapa kategori.

Kategori Pertama
Pada kategori ini saya merekomendasikan tanpa menambah hardware terlebih dahulu. . Bagamaimanakah caranya ?
Hapus file temporary yang ada di komputer anda.
Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan software atau manual :
1. Software
Anda dapat menggunakan ccleaner, dimana dapat membersihkan file temporary, cache, recent file, dan lain-lain. Saat anda akan mendownload software ccleaner ini, sebaiknya perhatikan system windows yang anda gunakan. Apakah menggunakan 32 bit atau 64 bit. Lakukan pembersihan secara berkala, disaat komputer anda dirasakan lambat kinerjanya. Atur / non aktifkan penggunaan program start up yang dirasa akan memperlambat komputer anda.

Jika anda tidak memiliki koneksi internet, dapat menggunakan disk cleanup bawaan dari windows. Tandai bagian recycled bin, temporary internet, temp file untuk dibersihkan

Jangan gunakan antivirus lebih dari satu yang mempunyai karakter atau cara kerja yang sama. Untuk mengetahuinya anda dapat membaca pada artikel saya sebelumnya :

Antivirus yang perlu digunakan





2. Manual
Untuk cara ini anda dapat menghapus file yang berada pada temp folder dan membersihkan recycled bin.
Untuk mengetahui folder temp, biasanya ditandai dengan ekstensi file .tmp. Berikut cara menghapusnya :
a. Masuk ke menu Run dengan menekan tombol logo Windows + R.
b. Ketik %temp%
c. Hapus semua file yang ada di dalamnya kecuali folder VBE
Saat anda menerima notifikasi bahwa file tersebut sedang digunakan atau tidak bisa dihapus, pilih skip atau abaikan penghapusan file.

Cara manual lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menonaktifkan auto update windows, nonaktifkan update chrome jika terdapat software chrome pada komputer anda. Untuk menonaktifkan fungsi tersebut anda dapat menggunakan file services.msc yang berada pada system windows anda.
Caranya :
A. Tekan logo windows + R
B. Ketik services.msc
C. Cari windows update, lalu pilih disable
D. Rubah dari automatic menjadi manual.
Pilihlah aplikasi yang tidak sering digunakan namun tetap berjalan bersamaan dengan system windows, seperti Itunes, software update milik itunes, quick times, acrobat reader update, dan aplikasi lainnya.

Kategori Kedua
Pada kategori ini, anda dapat menambahkan ;



Memori atau ram
Pada saat anda akan menambahkan ram, sebaiknya perhatikan spesifikasi dari ram dan system windows anda. Karena jika system windows anda menggunakan 32 bit, memori / ram yang terpakai tidak semaksimum dari system 64 bit. Dan juga perhatikan batas maksimum yang berada dalam bios.

Harddisk.
Sesuai dengan fungsinya untuk menyimpan file, maka ruang dari harddisk menentukan kinerja dari system komputer anda. Terlebih lagi jika komputer anda selalu terhubung ke jaringan internet, dan selalu melakukan auto update dari windows. Maka lambat laun ruang harddisk akan semakin kecil. Oleh karena itu sebaiknya disable auto update windows anda.

VGA
Untuk hardware ini, hanya diperuntukan bagi pengguna PC. Mengingat untuk pengguna laptop yang akan menggunakan external vga, harga yang ditawarkan masih relatif mahal. Dalam menentukan jenis vga yang akan digunakan, sebaiknya perhatikan jenis slot vga pada motherboard pc agar anda tidak salah dalam membeli.

Demikian tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan dari system windows anda. Sebagai tips terakhir adalah biasakan jangan membuka aplikasi terlalu banyak pada komputer anda. Karena hal ini dapat memperlambat kinerja komputer karena banyak menggunakan ram dan hardisk sebagai swap file. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.