Wednesday, March 7, 2018

Posting kali ini adalah sebagai pengalaman pribadi yang baru-baru ini saya alami, dimana setelah sekian lama sebagai peserta BPJS kesehatan mandiri namun jarang menggunakan fasilitas kesehatan tersebut. Hal ini saya syukuri karena Allah SWT memberikan kesehatan pada keluarga kami.
Hingga akhirnya suatu saat salah satu keluarga memeriksa kesehatan dengan menggunakan BPJS kesehatan tersebut. Namun karena pelayanan yang kurang memuaskan akhirnya saya mncoba mencari tahu untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan yang terdaftar. Setelah browsing rata-rata memberitahukan bahwa perubahan tersebut hanya dapat dilakukan dengan mengisi form perubahan dan mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Mengingat waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya saya iseng bertanya melalui akun twitter ke @BPJSKesehatanRI.

Dari pertanyaan yang saya ajukan langsung direspon oleh akun tersebut dimana mereka mengatakan bahwa untuk merubah atau berpindah faskes (fasilitas kesehatan) BPJS Kesehatan dapat langsung dilakukan perubahannya melalui aplikasi Mobile JKN. Ternyata dengan menginstall Mobile JKN akhirnya saya dapat melakukan perubahan.

Berikut Langkah Merubah Data Faskes secara online :


1. Install Aplikasi Mobile JKN melalui playstore.

2. Lakukan Pendaftaran Pengguna Mobile jika anda telah terdaftar untuk memverifikasi :
a. Nomor kartu peserta BPJS
b. NIK KTP
c. Tanggal Lahir
d. Nama Ibu Kandung
e. Password
f. Konfirmasi password (harus sama)
g. email yang valid dan lakukan verifikasi dengan memasukan kode angka yang terkirim ke email anda.
h. No handphone yang anda miliki untuk melakukan verifikasi (akan menerima kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms) saat melakukan perubahan data.

3. Jika telah dilakukan pendaftaran, anda dapat melakukan login dengan data yang telah diisi pada proses pendaftaran. Sehingga jika berhasil login maka tampilan aplikasi mobile JKN akan tampak seperti ini

4. Pada tampilan menu diatas, anda pilih ubah data peserta.
Pada menu ini anda akan melihat data yang anda miliki, seperti no peserta, no telp, alamat email, alamat peserta, fasilitas kesehatan, dan kelas (iuran) yang diikuti.
Perhatikan no telp yang terdaftar sesuai karena sebagai notifikasi yang akan diterima saat anda melakukan perubahan data.

5. Pilih faskes. Pada menu ini berisi mengenai fasilitas keehatan yang digunakan. Jika ingin merubahnya anda harus setuju untuk mengaktifkan lokasi, agar dapat terdeteksi lokasi fasilitas kesehatan yang akan gunakan atau anda rubah. Sehingga nantinya akan menampilkan provinsi, kota/kabupaten, dan fasilitas kesehatan. Untuk yang menggunakan fasilitas kesehatan berbentuk klinik maka setelah anda memilihnya maka data fasilitas kesehatan hanya satu yang ditampilkan. Namun jika anda memilih fasilitas kesehatan dengan menggunakan dokter umum, maka anda dapat melanjutkan dokter gigi untuk anda pilih. Pada saat proses ini anda akan mendapatkan notifikasi berupa sms sebagai verifikasi. Perubahan fasilitas kesehatan ini akan mulai berlaku efektif pada bulan berikutnya.

Demikian cara mengganti faskes bpjs secara online tanpa mendatangi kantor BPJS. Semoga kita tetap diberikan kesehatan, yang merupakan suatu nikmat yang perlu kita syukuri.

ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar