Tuesday, January 23, 2018

Posting ini ditujukan kepada pemilik rekening perusahaan khususnya Bank Permata Perusahaan. Mengapa hal ini saya tulis ? karena ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh nasabah ataupun karyawan dari Bank Permata sendiri, Bagaimana melakukan transaksi jual USD terhadap IDR.

Dimana pemilik perusahaan pada umumnya tidak melakukan transaksi langsung, tetapi pelaksanaan transaksi internet banking diserahkan kepada salah satu karyawan dari perusahaan. Saat pihak bank mensosialisasi dalam teknis menjalankan internet banking, pihak bank kadang tidak menjelaskan hingga transaksi valas. Mereka hanya menerangkan untuk transaksi domestik. Hal tersebut sebenarnya menurut saya wajar, karena disaat menerangkan / sosialisasi belum ada transaksi mana yang akan dijalankan.

Pada prinsipnya untuk menjalankan transaksi Valas ini sama dengan transaksi transfer yang dijalankan seperti transaksi Internet Banking lainnya seperti :

Transaksi Valas Commomwealth melalui Internet Banking



Maka anda akan paham untuk teknis operasionalnya. Pada prinsipnya jika kita melakukan transaksi dengan 2 mata uang yang berbeda, maka nilai transfer harus dibalik. Sehingga berbeda dengan transaksi yang dilakukan melalui teller.
Misalkan kita akan melakukan transfer melalui loket / teller sebesar USD 100,00 maka kita akan mengisi nilai USD sebesar 100 dan nilai IDR sebesar jumlah yang telah dikalikan dengan kurs yang berlaku.

Sedangkan jika kita akan melakukan transfer melalui Permatae-business Internet Banking, maka kita tidak bisa mengisi nilai USD kedalam nilai transfer. Karena pada aplikasi Internet Banking tersebut akan mengkonversi langsung kedalam nilai IDR.

Untuk melakukan transaksi valas di Permatae-Business :

Login ke permatae-business.com dengan referensi Corporate ID, Username dan Password yang anda miliki dan masuk ke bagian Inhouse transfer :

1. Pilih sumber rekening. Dalam hal ini saya asumsikan transaksi jual USD terhadap IDR. Sehingga sumber rekening yang dipilih adalah no rekening USD.

2. Rubah satuan mata uang (dalam hal ini yang ada pada gambar adalah AUD maka rubahlah menjadi IDR.

3. Isi bagian ini dengan jumlah yang telah dikonversi ke nilai IDR. Misalkan nilai kurs 13.350 dikali USD 10.000 maka isi dengan nilai 13.350.000.
Pada menu tersebut terdapat counter rate dan reference rate. Perbedaannya adalah jika kita jual USD dan melakukan deal dengan pihak bank (untuk mendapatkan nilai kurs yang lebih tinggi), maka harus dimasukan kode deal yang terdapat pada no b1 dan memastikan bagian b (Special Rate) terpilih. Namun jika tidak melakukan deal dengan pihak bank maka biarkan pada no.a (Counter Rate).
Selanjutnya anda boleh mengisi description sebagai catatan agar muncul dalam mutasi rekening koran.

4. Pilih Own account pada bagian Beneficiary dan arahkan pada rekening IDR anda.

5. Confirm.

Pada bagian ini anda akan diarahkan pada layar dimana menampilkan jumlah USD yang akan terdebet pada rekening permata. Setelah nilai USD benar-benar sesuai maka anda dapat melanjutkan dengan mensubmit transaksi tersebut.

Oleh karena itu anda harus memastikan bahwa kurs yang berlaku saat transaksi tersebut adalah sesuai dengan nilai kurs pada Bank Permata.

Setelah proses submit maka transaksi dapat dilakukan oleh pihak Approval.

Dengan dilakukan approve maka transaksi Valas melalui Internet Banking Permatae-Business telah selesai anda lakukan. Demikian artikel ini, semoga dapat membantu bagi mereka yang akan melakukan transaksi valas melalui Internet Banking Permatae-Business.

ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar