TRANSLATE TO:

Monday, January 15, 2018

Mengatasi Email yang Hilang di Thunderbird

Pada posting kali ini merupakan pengalaman pribadi yang baru terjadi dimana selama menggunakan aplikasi thunderbird saya tidak pernah mengalami kendala. Berapapun email saya seting di thunderbird tetap berjalan dengan lancar, baik dari akun gmail, yahoo maupun niagahoster.

Setiap seting yang digunakan tentunya berbeda antara yang satu dengan yang lain, karena disesuaikan dengan akun yang akan digunakan.
Hingga suatu hari disaat saya membuka aplikasi thunderbird, saya tidak bisa membuka email atau lebih tepatnya hilang seluruh email yang ada pada email inbox seperti yang tampak pada gambar tersebut. Dimana terdapat 215 email namun tidak ada email satupun yang tampil di dalamnya (Blank).

Sedangkan untuk akun email yang lain tetap berjalan normal. Saya bertanya ada apakah gerangan ? mulailah timbul beberapa pertanyaan yang terlintas dalam pikiran saya. Lalu saya mencoba dengan menggunakan cara :
1. Repair folder
2. Mencoba memindahkan profil thunderbird
3. Menghapus certificate dari akun tersebut.

Seting Akun Gmail di Thunderbird





Semua cara tersebut tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya saya menggunakan bantuan thunderbird dimana biasanya bantuan tersebut akan mengidentifikasi folder dan profil dari thunderbird.

Hingga akhirnya saya menemukan solusi dari situs thunderbird tersebut, dimana penyebab hilangnya email tersebut karena berubahnya kode mozilla status pada folder email inbox seperti yang terlihat pada gambar (empat digit tersebut seharusnya bernilai 0001).

Berikut langkah yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan email yang hilang di thunderbird :



1. Buka Aplikasi Thunderbird.
2. Masuk ke Menu Help Troubleshooting information.
Pada menu Troubleshooting Information ini, anda pilih Folder pada bagian Profil Folder, yang akan membuka explorer anda dan langsung akan mengarahkan pada profile thunderbird anda yang biasanya diakhiri dengan kata xxxxdefault.
3. Buka folder Mail yang berada di dalam Profile Thunderbird tersebut
4. Anda akan menemukan beberapa folder yang berisikan setting akun email anda, dimana sesuai dengan nama server email Anda.
5. Buka kembali folder tersebut (misalkan anda memiliki akun gmail maka buka folder .gmail.com pada folder tersebut)
6. Anda akan menemukan file dengan nama file inbox tanpa extensi. (Biasanya dengan kapasitas yang lebih besar dari file lainnya).
7. Buka file inbox tersebut dengan aplikasi textpad.
Karena file tersebut mempunyai kapasitas yang cukup besar, maka saya merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi notepad++ agar file dapat dibuka dengan mudah. Cari text "X-Mozilla-Status : 000X", dimana 4 digit tersebut harus bernilai 0001. Sehingga jika anda menemukan 4 digit tersebut dengan nilai X-Mozilla-Status : 0005 maka anda harus merubah menjadi X-Mozilla-Status : 0001.
8. Lakukan hal ini pada semua Mozilla-Status pada file inbox, dan untuk mempermudah gunakan find and replace. Dimana anda dapat menggunakan fungsi find lalu ketik Mozilla-Status, maka Notepad++ akan menampilkan seluruh text Mozilla-Status termasuk dengan 4 digit selanjutnya. Barulah anda menggunakan find and replace untuk merubah 4 digit selain 0001 menjadi 0001.
9. Setelah selesai, simpan file tesebut.
10. Buka aplikasi Thunderbird, maka email yang hilang akan kembali kedalam folder email anda.

Demikian langkah untuk mengembalikan email yang hilang di thunderbird.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.