Saturday, October 21, 2017

Mengenal lebih jauh Google Plus pada Android

Banyak yg sudah mengenal media sosial baik WhatsApp, LINE, Instagram, Telegram dan lainnya yang digunakan untuk pengguna android, iphone bahkan kini telah tersedia aplikasi media sosial untuk komputer. Sesuai dengan fungsinya media sosial ini banyak digunakan untuk berinteraksi antar sesama penggunanya untuk chatting, atau menjual produk. Masing-masing media sosial tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda.
Dalam hal ini, saya akan membahas mengenai layanan dari product google yang bernama Googe+. Mengapa layanan google ini yang saya angkat dalam postingan kali ini ? Karena saat gadget anda melakukan registrasi dengan menggunakan ukun gmail, sebetulmya secara otomatis anda dapat menggunakan layanan dari google ini, karena anda cukup menginstallnya. Namun bagi sebagian besar lebih suka menggunakan media sosial lainnya dalam berkomunikasi. Tetapi karena saya memiliki beberapa komunitas di Googleplus, dan ada kalanya pemilik akun googleplus tidak ingin membagikan informasi pribadinya baik nomor telp maupun email ke orang lain maka layanan ini menurut saya dapat dijadikan pilihan karena dalam layanan ini mempunyai fitur private share. Sedangkan untuk layanan media sosial lainnya, diharuskan mengisi nomor handphone untuk melakukan registrasi.

Berikut apa saja yang perlu diketahui untuk mengenal lebih jauh tentang Google Plus :




1. Icon +1
Icon ini sama fungsinya seperti like pada media sosial lainnya. Dengan kata lain jika anda menyukai atau ingin menandai post, tulisan atau komentar yang dibagikan oleh seseorang maka anda dapat memilih icon +1 sebagai tanda. Jika anda menekannya kembali maka anda akan menggagalkan +1 tersebut. Tetapi historis anda pada orang tersebut akan tersimpan bahwa anda pernah memberi +1.


2. Icon Komentar
Pada icon ini terbagi ke dalam beberapa bagian, dimana saat anda langsung menekan icon tersebut maka anda dapat langsung menberikan komentar. Tetapi jika saat anda akan membalas dari komentar seseorang yang telah memberikan komentar pada suatu post maka anda perlu menekan / tap 1 kali pada orang tersebut yang nantunya akan menampilkan comment option yang terdiri dari :


a. +1 comment
Fungsi dari +1 sama seperti pada point 1

b. Reply to comment
Saat anda menggunakan pilihan ini maka akan secara otomatis akan tertuju pada sipemberi komentar. Dan jika anda akan menjawab atau merenspon kepada orang lain dalam komentar tersebut anda tinggal menambahkan tanda +namaorang.

c. Copy comment text
Berfungsi untuk mengcopy dari komentar yang akan anda ambil.

d. Report comment

Pada pilihan ini anda akan melaporkan apakah komentar tersebut mengandung : spam, mengandung konten dewasa, berbahaya, sara / pelecehan atau lainnya.

e. See who +1'd this

Berfungsi untuk melihat siapa yang telah memberikan +1 kepada komentar tersebut

f. Translate
Berfungsi untuk menterjemahkan dari komentar tersebut.

3. Icon share
Berfungsi untuk membagikan suatu post ke media sosial lain. Hal ini tergantung dari aplikasi yang terinstall pada android anda.

Dari penjelasan ketiga icon tersebut anda juga dapat menggunakan cara lain yaitu jika anda ingin melakukan edit komentar, post atau memberhentikan notifikasi dari seseorang maka anda dapat masuk pada post seseorang lalu tekan titik tiga vertikal pada pojok kanan atas, maka akan terdapat pilihan yang bisa anda gunakan.

Jika anda ingin mengetahui status atau melihat aktivitas dari post yang dibuat, anda dapat melihatnya dengan mengklik pada shared publicly dan view activity. Sehingga dapat diketahui status konten yang dibagikan dan siapa yang telah memberikan +1 pada aktivitas post tersebut.

Lalu apakah semua orang dapat memberikan komentar pada pada setiap posting pada google plus ? Hal itu tergantung saat posting tersebut dibuat. Karena saat anda membuat post anda dapat melakukan disable share, disable comment dengan tujuan agar post anda saat dibuat orang lain tidak akan bisa membagikan kembali atau memberikan komentar pada post anda dengan cara tap titik tiga yang sejajar dengan icon pada baris bawah seperti screenshoot tersebut.

Sedangkan jika anda akan membagikan secara pribadi maka tap pada pada bagian public (dibawah profile anda), dan anda akan menemukan tampilan pada layar android anda Share with --> See more, disitu anda masukan profile teman yang akan anda bagikan pada kolom search dengan memasukan tanda +Profileteman.


Anda dapat bereksperimen dengan google plus yang anda miliki, dan saat anda mengikuti suatu komunitas sebaiknya ikuti peraturan yang dibuat. Jangan sampai anda melanggar aturan dari komunitas tersebut akhirnya anda di banned atau dilaporkan sebagai spam. Jadi gunakan media ini dengan bijak.

Dan perlu anda ketahui, jika aplikasi google plus anda terupdate secara otomatis yang mengakibatkan loading atau notifikasi menjadi lambat, maka lakukan beberapa langkah yang mungkun bisa membantu anda :
1. Lakukan clear cache dari google plus.
2. Jika masih bermasalah, lakukan clear data, sebagai langkah untuk merefresh. Namun setelah anda merefreshnya, anda biasanya diminta untuk login kembali. Dan tampilan notifikasipun akan mereload kembali. Akan tetapi akan mengurangi proses loading dari google plus anda. Itulah yang biasa saya lakukan.

Demikian cara menggunakan dan mengenal lebih jauh google plus pada android.

2 komentar:

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.