Saturday, July 29, 2017

Antivirus yang perlu digunakan

Judul dari tulisan ini adalah ditujukan kepada para pemakai komputer yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya maupun lingkungan kerja. Karena kadang pemakai komputer kurang memperhatikan hal ini yaitu aplikasi dalam bentuk antivirus yang terinstall di komputer mereka, dimana mereka lebih mementingkan akselasi atau aplikasi kerja apakah dalam bentuk aplikasi office ataupun multimedia yang terinstall di dalamnya. Sedangkan dari dahulu hingga sekarang virus yang tersebar, berbagai macam jenisnya. Dari yang menyerang dokumen, system bahkan yang dapat menghapus partisi harddisk anda. Betapa sangat disayangkan jika semua hasil kerja kita yang tersimpan dalam komputer hilang sesaat hanya karena virus tersebut.
Apalagi saat ini komputer yang dijual dipasaran masih belum terinstall operating system (OS) sehingga otomatis belum terpasang aplikasi didalamnya. Hal ini memang tidak dapat disalahkan karena ini sebagai bentuk pelayanan dari penjual untuk dapat memuaskan pembeli dengan menyesuaikan aplikasi yang diinginkan pembeli. Namun jika pihak pembeli yang tidak terlalu paham maka orientasi mereka hanya pada aplikasi yang diinginkannya saja.Terlebih lagi komputer yang terjual dipasarkan rata-rata sudah memiliki spesifikasi yang cukup tinggi sehingga kadang pengguna komputer tidak merasakan jika komputer yang mereka gunakan sudah terinfeksi virus atau belum.

Oleh karena itu berdasarkan pengalaman, maka setiap komputer yang saya gunakan harus terpasang antivirus dan tidak menghambat kinerja dari komputer yang digunakan. Pada saat ini jika kita mencari referensi antivirus terbaik di internet maka kita akan menjadi bingung karena mereka selalu membandingkan beberapa vendor antivirus yang akhirnya pengguna komputer akan memasang antivirus berdasarkan referensi di internet tersebut.
Sebenarnya virus yang tersebar, terdiri dari beberapa tipe seperti worm, trojan, virus dan script virus. Virus-virus tersebut akan menyerang sesuai karakternya masing-masing. Hal ini mungkin mungkin lebih dipahami bagi mereka yang memahami bahasa pemrograman.

Catatan yang perlu diperhatikan saat memilih antivirus adalah :



1. Jangan menggunakan antivirus yang terlalu tinggi tingkat proteksinya.
Hal ini akan dapat menghambat kinerja dari komputer anda. dan bahkan saat anda menguninstall antivirus ini akan menyebabkan system komputer anda akan rusak. Karena jenis antivirus ini akan menyimpan atau mengkarantina file yang terinfeksi. Jika file yang terkarantina adalah file system maka file tersebut pada umumnya tidak akan kembali ke system folder aslinya.
2. Jangan menggunakan beberapa antivirus dalam satu komputer dengan karakter antivirus yang sama.
Hal ini akan menghambat kinerja komputer atau antivirus sendiri yang biasanya komputer kadang suka berhenti beroperasi (hang) sehingga kita harus merestart ulang komputer.
3. Jika memungkinkan cari informasi berapa banyak database atau daftar virus yang dapat dibersihkan oleh aplikasi tersebut.
Hal ini biasanya bisa dilihat dengan melihat referensi dari database engine.

Beberapa karakter Antivirus yang perlu anda gunakan :

1. Gunakan antivirus yang sudah termasuk dengan perlindungan saat berselancar di dunia maya.
2. Gunakan antivirus yang dapat memperoteksi komputer dari jenis virus worm dan trojan.
3. Bila ingin memasang plugin antivirus dalam browser anda cari referensi / review terlebih dahulu.
Karena jangan sampai plugin tersebut akan malah merugikan kita sendiri.
4. Jika melakukan browsing dan halaman tidak tampil dalam kurun waktu yang sangat lama, sebaiknya hentikan untuk mengunjungi halaman tersebut kecuali memang koneksi internet anda lambat.

Jadi dengan uraian diatas kiranya kita dapat mengetahui antivirus mana yang dapat digunakan. Untuk saya pribadi saya menggunakan 3 antivirus dalam satu komputer (nod32, malwarebytes, smadav 2017) dan komputer tidak mengalami hang atau crash. Bahkan komputer saya terhindar dari virus wanacry dan yeadesktop yang beberapa waktu dunia pernah dihebohkan oleh virus tersebut.

Dengan demikian semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khusunya bagi mereka yang sering berselancar di dunia maya.Karena merupakan potensi terserangnya virus dengan mengunjungi beberapa situs yang terinfeksi virus.

2 komentar:

  1. Maaf keluar dari artikel ya gan...ini permalink ente bagus kok...ada date publish nya😊
    G ada eyeblasternya😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas visitnya dan respon eyeblaster.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.