Tuesday, July 4, 2017

Yeadesktop adware

Jika sekilas melihat tampilan browser yang bertuliskan yea desktop tentu anda akan mengira bahwa yea desktop merupakan search engine. Namun jika anda perhatikan maka browser anda biasanya akan mengunjungi beberapa halaman yang akan mengganggu pengguna komputer. Biasanya yang ditandai dengan adanya :
1. Setiap komputer dinyalakan dan masuk ke windows maka komputer akan secara otomatis akan membuka browser tanpa henti.
2. Setiap membuka halaman browser, maka akan membuka iklan secara otomatis pada halaman baru, yang kadang tidak terkontrol.
3. Virus ini akan menginfeksi file shortcut pada desktop anda.

Virus ini biasanya ada dalam bagian dari suatu aplikasi utility yang kita download. misalkan kita mendownload aplikasi tertentu maka kita diminta untuk menerima tawaran dari yeadesktop ini agar dapat menginstall aplikasi yang akan kita download.
Untuk mengatasi masalah virus yea desktop saat kita masuk pertama kali ke windows dan browser kita terbuka secara otomatis, maka lakukan :


1. Menghentikannya dengan masuk ke task manager dengan cara menekan Ctrl + Alt + Del. pilihkan aplikasi berjalan yang tidak kita kenal.
2. Uninstall tawaran program / aplikasi yang telah terinstall.
3. Jalankan WIN + R ketik services.msc, carilah yeadesktop yang berjalan dan pilih untuk stop dan disable.
4. Uninstall / delete baik plugin maupun extention yang terinstall di browser anda.
5. Reset seting semua browser yang terinstall di komputer anda.
6. Download dan jalankan antivirus malwarebytes, adwcleaner.

Setelah anda melakukan langkah ke 6. jalankan proses pembersihan dengan mengupdate database virus dari antivirus tersebut, ikuti proses yang sedang berjalan.


Sebaiknya anda tidak melakukan pengoperasian komputer hingga proses pembersihan selesai. Setelah proses selesai anda dapat memasang antivilrus tambahan lainnya sebagai antisipasi adanya jenis virus lain yang dapat menyerang komputer anda.

Semoga pengalaman saya ini dapat membantu bagi anda yang terkena yeadesktop.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.