Cara Mengunci Cell pada Excel Agar Tidak Bisa diedit


Jika anda mempunyai lembar kerja excel dimana pada lembar kerja tersebut dirasa penting, dan ingin agar rumus ataupun kolom maupun baris tertentu tidak ingin orang lain mengubahnya maka anda dapat melakukan proteksi atau mengunci cell pada excel agar tidak dapat di edit. Sebenarnya banyak cara untuk dapat menyelamatkan file kerja anda dari orang yang akan mengubah rumus anda, diantaranya anda dapat menyembunyikan lembar kerja yang berisi rumus yang dihubungkan pada lembar kerja yang ditampilkan atau dengan menyembunyikan kolom pada bagian akhir kolom. Namun cara ini akan tetap terlihat pada formula bar, karena option default dari excel adalah menampilkan formula bar sehingga kolom formula bar tersebut akan terlihat sumber rumusnya. Jika rumus berasal dari lembar kerja lain maka orang tersebut akan membuka lembar kerja (sheet) tampil pada formula bar tersebut.

Oleh karena itu untuk menyembunyikan informasi baik rumus ataupun referensi yang ada pada formula bar maka anda dapat melakukan proteksi terhadap cell atau kolom yang anda rasa perlu untuk disembunyikan sehingga hasilnya pada formula bar tersebut tidak menampilkan apapun di dalamnya. Dan cara ini cukup efektif karena file kerja akan mempunyai ukuran file yang cukup kecil, dan mengurangi kesalahan atau error karena tautan rumusnya tetap berada pada lembar kerja yang sama.
Berikut cara yang anda dapat lakukan untuk mengunci cell pada lembar kerja excel anda yang saya sajikan pada gambar berikut, dimana saya akan mengunci kolom G, H dan I.

Cara mengunci cell excel agar tidak bisa diedit


Cara Mengunci Cell Excel

1. Sorot kolom G, H, I yang tampak pada gambar dengan warna abu-abu, lalu klik kanan mouse anda lalu pilih Format cell.
2. Dari langkah format cell tersebut terdapat dua pilihan yaitu locked dan hidden, anda centang keduanya lalu pilih ok.
3. Klik kanan mouse anda pada sheet yang sedang anda kerjakan lalu pilih protect sheet, dalam gambar saya bekerja pada sheet2.
4. Setelah anda melakukan langkah ke 3 maka layar excel anda akan menampilkan menu protect sheet, yang berfungsi sebagai pilihan dalam memproteksi cell.
5. Ok

Jika proses proteksi cell anda berhasil maka disaat pengguna melakukan edit atau mengetik pada bagian kolom G, H, I maka akan menampilkan notifikasi The cell or chart you’re typing to change is on protected sheet seperti tampilan pada gambar berikut :

The cell or chart you’re typing to change is on protected sheet

Cara ini saya lakukan jika file tersebut akan saya kirimkan atau digunakan kepada rekan kerja yang sifatnya hanya menginput data saja.

Baca Juga