Penerapan Fungsi Concatenate pada Excel


Setelah sekian lama tidak membuat artikel tentang Micorsoft Excel, akhirnya pada kali ini saya mencoba untuk berbagi informasi salah satu fungsi rumus pada Excel yaitu “FUNGSI CONCATENATE” yaitu rumus untuk menggabungkan dua cell menjadi satu sehingga menjadi satu kalimat / satu kesatuan.

Salah satu contoh dasar rumus concatenate dapat dilihat di tabel bawah ini :


Pada tabel di atas menunjukan bahwa rumus dasar Concatenate untuk menggabungkan antara Nama dan Keterangan adalah hanya dengan menuliskan =Concatenate(J3;” “;K3). Kenapa saya menggunakan simbol (“ “) setelah J3 ? Karena simbol tersebut sebagai memberikan spasi antara kolom nama dan kolom keterangan.

Lalu apakah sampai disitu saja yang akan saya uraikan pada artikel saya ini ? Artikel ini sebenarnya dibuat karena adanya sebuah pertanyaan dari rekan kerja dimana bertanya kepada saya : “Bagaimana membuat tabel untuk menghasilkan Kelompok tertentu dengan dasar yang digunakan adalah tanggal ?”. Setelah saya mendapatkan penjelasan lebih detail dari rekan kerja tersebut, akhirnya saya memahaminya. Bahwa yang dimaksud adalah jika kita input suatu tanggal dengan rentang waktu tertentu maka akan langsung menghasilkan sebuah asumsi atau keterangan.

Agar tidak membingungkan saya tunjukkan "Rumus dasar Penggunaan Fungsi Concatenate" pada gambar tabel berikut :

Pada dasarnya asumsi yang akan dihasilkan adalah tiga kelompok, yaitu KEL A, KEL B, dan KEL C. Dimana :
1. Kel A adalah kriteria dengan rentang tanggal antara 1 Jan 1972 sampai dengan 1973
2. Kel B adalah kriteria dengan rentang tanggal antara 1 Jan 1974 sampai dengan 1976
3. Kel C adalah kriteria dengan rentang tanggal antara 1 Jan 1977 sampai dengan 1980

Untuk dapat menentukan nilai dari suatu tanggal maka kita dapat menggunakan : fungsi CONCATENATE pada excel. Dimana dapat dilihat pada gambar diatas yang ditunjukan dengan tabel berwarna biru dimana tanggal 2 Jan 1972 menghasilkan angka 26300, untuk tanggal 31 Des 1973 menghasilkan angka 27029. Mengapa saya menggunakan nilai tanggal awal dan nilai tanggal akhir ? Karena tanggal-tanggal tersebutlah yang akan dijadikan acuannya. Oleh karena itu jika suatu saat anda mengalami atau ingin membuat rentang tanggal tertentu maka perlu mengetahui terlebih dahulu nilai dari suatu tanggal yang akan dijadikan acuannya.

Setelah memahami dari kedua gambar diatas sebelumnya, maka mari kita masuk ke penerapan dari pertanyaan yang disampaikan oleh rekan kerja saya. Agar lebih memudahkan dan memahami yang akan saya jelaskan, berikut gambar yang bisa dijadikan visualisasinya dalam hal :

Cara menggabungkan Fungsi IF, AND dan CONCATENATE untuk menghasilkan asumsi tertentu dari rentang waktu tertentu



Dari gambar di atas, saya menggunakan bantuan rumus fungsi IF dan "AND". Dimana fungsi IF untuk membuat suatu logika. Sedangkan fungsi AND untuk menentukan rentang suatu nilai tertentu.
Penjelasan :
1. Jika input tanggal 2 Feb 1973 pada Nama AHMAD maka akan menghasilkan KEL A
2. Jika input tanggal 3 Jun 1976 pada Nama AHMAD maka akan menghasilkan KEL B
Lalu bagaimana jika suatu saat kita menginput suatu tanggal yang tidak berada pada rentang yang kita tentukan misalkan kita menginput tahun dibawah 1972 atau diatas tahun 1980 maka kita diminta untuk mengecek kembali tanggal yang kita masukan, seperti yang ditunjukkan pada nama DINAN dan TETI.

Untuk menggabungkan ke 4 baris rumus yang terdapat pada gambar tersebut dari warna biru, merah, hijau dan hitam. Sebagai catatan saja, jika anda menggunakan regional seting pada komputer anda bukan Indonesia, maka rubah titik koma (;) menjadi koma (,)
Dengan ketiga gambar tabel diatas, dan sedikit penjelasannya mudah-mudahkan dapat dipahami.

Baca Juga