TRANSLATE TO:

Sunday, June 10, 2018

Membuat Custom Table dengan Microsoft Word

Microsoft word merupakan program editor yang dapat digunakan untuk membuat sebuah dokumen yang menghasilkan dalam bentuk kumpulan teks, tabel, flowchart, ataupun struktur organisasi.




Bentuk dokumen yang sering digunakan pada umumnya adalah dalam bentuk teks seperti surat maupun makalah / skripsi dimana didalamnya terdapat beberapa tabel yang dapat disajikan. Sedangkan flowchart dan struktur organisasi sederhana dapat dibuat dengan menu shapes. Dan jika untuk bentuk yang lebih kompleks anda dapat menggunakan bantuan Program Visio.

Sesuai dengan judul artikel yang saya buat ini, saya akan memberikan langkah sederhana

"Membuat Custom Table dengan Ms Word"

Sebagai contoh membuat custom table ini saya akan membuat kartu angsuran yang akan dicetak pada ukuran kertas B5, dimana ukuran ini jika dicetak akan menghasilkan setengah halaman ukuran kertas A4. Adapun langkah-langkahnya :
1. Buat format margin dan ukuran kertas B5 dengan cara masuk ke menu page layout, page setup.
2. Pada bagian margin rubah ukuran top, left, botto, right dengan ukuran yang sama. Misalkan anda akan membuat margin 1 cm, maka masukan 1 cm ke semua margin.
3. Masuk ke bagian Paper, paper size, lalu pilih ukuran B5.
4. Pilih menu Insert - Table, lalu buat dua tabel (1x2 table)
5. Pada baris tabel pertama isikan informasi yang akan anda isikan, misalkan berisi Nama, No Anggota, Alamat seperti pada contoh dibawah ini :
Untuk membuat mengatur tabulasi anda dapat membaca artikel saya sebelumnya:
Fungsi Tab pada Microsoft Word


6. Tempatkan cursor pada baris ke dua, lalu klik kanan mouse anda untuk melakukan split cells... dan rubah kolom menjadi 3 dan rows menjadi 4. Perubahan nilai row dan cell dapat anda sesuaikan dengan keperluan anda.
7. Dari langkah ke 6 tabel yang 1 baris tersebut akan berubah menjadi 3 kolom dan 4 baris. Untuk meluaskan ruang dari tabel tersebut, tempatkan mouse pada bagian akhir garis tabel seperti yang ditunjukan pada lingkar garis berwarna merah. Lalu tahan dan tarik ke bawah mouse kiri sesuai jarak yang anda inginkan.
Dan untuk memberikan jarak vertikal yang sama, anda dapat memilih Table tools lalu pilih distribute rows. Dengan cara ini maka jarak antara satu baris dan baris lainnya akan sama panjang.

Dengan demikian maka dalam membuat custom table anda dapat menggunakan bantuan fungsi merge cell, split cell atau split table dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.