Monday, September 25, 2017



Microsoft word saat ini banyak dipergunakan oleh beberapa penggunanya dalam menulis surat, baik surat perjanjian, surat kuasa, proposal, atau membuat sebuah makalah hingga skripsi.
Dalam penggunaannya tentu berbeda dalam hal teknis penulisannya dimana :
1. Untuk membuat surat tidak terlalu mementingkan format, karena dalam pembuatan surat hanya pengaturan paragraph dan spasi.
2. Untuk pembuatan surat kuasa dan proposal adalah mungkin yang perlu diperhatikan dalam merapihkan / meratakan baris. Dimana dalam sebuah surat kuasa pada umumnya terdapat nama, no ktp, alamat, no telp yang semuanya harus ditulis secara rapih.
3. Untuk pembuatan makalah atau skripsi, akan lebih kompleks lagi. Karena dalam sebuah makalah biasanya terdapat kata pengantar, daftar isi, bab pendahuluan, bab isi atau pembahasan, dan bab penutup. Dimana dalam penulisannya juga diperlukan adanya beberapa format. Seperti format spasi, penomoran, tabel, pemberian halaman dan lain-lain.


Kali ini saya akan membahas mengenai fungsi tabs dalam microsoft word. Fungsi ini merupakan teknik dasar dalam merapihkan suatu paragraph. Oleh karena itu perlu diketahui macam-macam penggunaan fungsi tabulasi.

Berikut Fungsi Tab pada Microsoft Word :

a. Fungsi tab left (Alignment Left) digunakan jika anda akan mengatur teks / sebuah kalimat, agar kalimat tersebut rata dengan baris sebelumnya.

b. Tab right (Alignment Right), fungsi ini digunakan jika anda membuat sebuah teks dengan format angka. Yang dimaksud format angka ini seperti untuk pengajuan proposal yang mencantumkan nilai nominal yang berbeda dalam nilai bilangannya.

untuk contoh dari tabs left dan right dapat dilihat pada gambar di bawah ini yang ditunjukan pada lingkaran berwarna biru :


c. Tab center, fungsi (Alignment Center) ini digunakan jika anda membuat surat kuasa yang mencantumkan dua belah pihak penandatangan yang dapat dilihat pada gambar di bawah iniyang ditunjukan pada lingkaran berwarna hijau.


untuk dapat menampilkan jenis tab tersebut, anda dapat merubah jenis tab dengan 1 kali klik pada bagian yang ditunjukan panah hitam seperti di di bawah ini dimana setiap kali anda klik pada bagian tersebut maka bentuk tab akan berubah. Sedangkan untuk menampilkan menu tab anda dapat klik 2 kali pada bagian tab yang terdapat pada mistar (contoh alignment a,b,c diatas)

Dengan tiga langkah diatas maka perpindahan cursor akan langsung berpindah sesuai tabs yang telah ditentukan dan untuk mengembalikan perpindahannya anda dapat menekan shift+tab. Anda juga dapat mencoba Leader yang dapat digunakan untuk pembuatan form isian atau survey.
Demikian fungsi tab pada microsoft word yang dapat anda gunakan.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar