Saturday, May 5, 2018


Aplikasi Excel adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh para pemakainya untuk melakukan perhitungan dengan kumpulan angka-angka. Namun bagi pemula kadang jika suatu perhitungan menghasilkan nilai negatif tidak terlalu terlihat. Hal ini disebabkan dari seting atau format dari perhitungan itu sendiri.
Karena pada umumnya pengguna excel hanya menggunakan format number yang berada pada kumpulan menu-menu pada toolbar. Seperti saat kita memasukan nilai nominal sebesar satu juta maka angka yang akan ditampilkan adalah 1000000 dan untuk memberikan nilai ribuannya kita cukup memilik tanda koma (",") pada bagian Home - Number, maka angka akan berubah menjadi 1.000.000.

Namun jika ternyata hasil dari perhitungan suatu bilangan tersebut menghasilkan nilai negatif maka nilai minus (-) tidak akan tampak dengan jelas. Terlebih lagi jika resolusi layar monitor yang anda gunakan adalah 1366 x 768.
Hal ini biasanya terlihat jika kita memasukan suatu mutasi transaksi ke dalam suatu tabel. Oleh karena itu, untuk dapat terhindar dari suatu kesalalahan perhitungan maka biasakan saat menggunakan tabel perhitungan mutasi adalah dengan menggunakan Fungsi Format as Table. Hal ini akan terhindar dari kesalahan suatu perhitungan tabel mutasi, karena rumus akan terhitung secara otomatis.

Dan kembali lagi pada permasalahan bagaimana caranya untuk memberikan warna pada bilangan / angka dengan nilai negatif ? Jika anda lihat dari gambar berikut terdapat 2 tabel dengan dua warna yang saya bedakan yaitu :

1. Hitam dengan nilai negatif 500.000 dan berwarna merah yang ditunjukan dengan panah berwarna biru.
2. Hijau dengan nilai negatif 500.000 tetapi tanda negatif tidak terlalu terlihat yang saya lingkari dengan warna merah. Sebenarnya bisa saja dengan memperbesar ukuran layar dari Microsoft Excel yang anda gunakan.
Namun jika table mutasi memiliki informasi yang cukup lebar maka kita perlu menggeser horizontal bar atau menggesernya dengan panah keyboard.

Untuk memberikan warna pada Angka negatif yang tampak pada tabel berwarna hitam :



1. Ada dua pilihan dalam mensorot kolom :
a. Sorot sesuai kolom, yaitu dengan mensorot cell E5 sampai dengan E9.
b. Sorot seluruh kolom E, hal ini yang biasa saya lakukan agar saya tidak melakukan format cells kembali.
2. Tekan Ctrl+1 atau klik kanan pada bagian kolom yang di sortir agar dapat masuk ke menu format cells.
3. Pada bagian tab number, pilih custom category lalu pilih type _(* #.##0_);_(* (#.##0);_(* "-"_);_(@_) dan lakukan penambahan [Red] pada bagian setelah titik koma dari tanda kurung pertama sehingga menjadi _(* #.##0_);[Red]_(* (#.##0);_(* "-"_);_(@_).

Bagian yang ditambahkan red dapat dilihat pada bagian yang ditunjukan anak panah merah.

4. Pilih OK.

Dengan langkah tersebut, anda dapat mengetahui jika suatu nilai dari tabel mutasi tersebut bernilai negatif. Semoga dapat membantu bagi pembaca sekalian.


ARTIKEL TERKAIT :

1 komentar:

Terimakasih Mas, artikelnya sangat membantu saya dan menambah ilmu saya tentang ms Excel

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar