Monday, May 28, 2018


Dalam pengajuan suatu proposal, tidak terlepas dari maksud dan tujuan diajukannya suatu proposal tersebut.


Dimana dalam berkas yang akan diajukan kadang berisikan suatu latar belakang, maksud dan tujuan serta anggaran yang didalamnya berisi bahan-bahan atau material yang merupakan bagian dari proposal itu sendiri. Untuk pembuatan proposal pada umumnya menggunakan microsoft word dalam pembuatannya. Namun bagaimana jika dalam suatu proposal tersebut terdapat daftar anggaran yang perlu diajukan ? apakah kita harus menggunakan microsoft excel untuk bagian anggaran ?

Disini tergantung dari si pembuat proposal itu sendiri. Oleh karena itu agar pembuatan proposal dalam satu file, ada cara untuk dapat membuat suatu anggaran tersebut, dimana tetap menggunakan microsoft word. Dengan tujuan jika suatu saat pihak penerima proposal tersebut meminta softcopy maka kita dapat memberikannya. Karena dalam suatu anggaran tidak terlepas dari nama barang, kuantity, harga satuan dan jumlah maka semuanya itu dalam bentuk kumpulan angka-angka.

Cara menjumlahkan seluruh angka-angka yang tersebut sebenarnya dapat digunakan dengan dua cara :

Menggunakan Excel Spreadsheet

Dengan cara ini maka tabel yang akan kita buat seperti layaknya kita menggunakan microsoft excel. Dimana caranya adalah :
a. Masuk ke menu insert
b. Pilih segitiga kecil bagian table
c. Lalu pilih excel spreadsheet.
Pada cara ini menu windows akan menampilkan menu-menu (ribon) seperti aplikasi microsoft excel Sehingga akan menghasilkan tabel seperti di bawah ini yang ditunjukan pada huruf B :

Pada gambar point A diatas adalah layout excel spreadsheet yang dibuat. Dan jika hasil tabel pada huruf B hasilnya tidak sesuai maka maka kita harus mengatur lebar dan tinggi dari excel spreadsheetnya.

Menggunakan table microsoft word :


a. Masuk ke menu insert
b. Pilih segitiga kecil bagian table
c. Lalu pilih berapa jumlah baris dan kolom yang akan anda buat seperti pada gambar insert tabel sebelumnya.
Lalu isi tabel sesuai dengan anggaran yang akan anda buat, contohnya seperti di bawah ini :

Pada gambar tersebut di atas, anda melihat tiga angka yang saya beri kotak warna merah. Angka-angka tersebut akan kita jumlahkan secara otomatis.

Cara menjumlahkan angka pada tabel microsoft word secara otomatis :
A. Pindahkan kursor ke kolom yang akan menghasilkan dari total angka-angka diatasnya (dalam hal ini ditunjukan hasilnya 510.000).
B. Pada menu Table Tools pilih Formula yang akan menampilkan menu formula, dan harus berisi text =SUM(ABOVE)
C. Anda dapat memilih number format (apakah menggunakan format ribuan yang dipisahkan dengan titik atau tanpa titik)
d. Dan jika suatu waktu terdapat perubahan atau penambahan angka-angka yang akan dijumlahkan, maka anda dapat mengupdatenya dengan cara klik kanan pada mouse anda pada total sebelumnya lalu pilih Update field yang ditunjukan pada gambar berikut :

Dengan mengetahui cara-cara tersebut diatas, maka anda dapat memilih bagaimana langkah yang lebih mudah bagi anda. Sehingga dengan demikian dapat mempermudau dan mempercepat pkerjaan anda. Semoga bermanfaat bagi para pembaca blog ini.


ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar