Tuesday, May 29, 2018


Setiap perangkat android sejak dikeluarkan pertama kali telah didukung dengan adanya kamera yang untuk mengabadikan momen tertentu. Hasil tangkapan kamera tersebut pada umumnya akan menghasilkan file dalam extention jpg / jpeg. Extention ini memiliki ukuran kapasitas yang dapat digolongkan sebagai extention file dengan kapasitas yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan extention bmp. Namun kelemahannya adalah disaat file dengan extention jpg ini saat dilakukan kompress, maka hasil gambar akan pecah dan ukuran gambar tidak terlalu berubah yang sangat berarti.

Dengan kondisi tersebut diatas, maka ada dilema yang dirasakan oleh saya, dimana saya ingin mendapatkan hasil photo yang maksimal tetapi memiliki ukuran file yang kecil. Karena hal ini penting bagi saya, untuk menghemat ruang dari memory yang ada di android. Untuk mendapatkan file gambar dengan ukuran file yang kecil salah satunya adalah dengan mengatur resolusi, pixel atau extention file dengan png (Portable Network Graphic). Dengan extention file ini, maka saat anda mengkompressnya, struktur dari photo tersebut tidak akan mengalami penurunan yang terlalu banyak berubah, sehingga hasil tidak akan pecah atau blur. Anda dapat memanfaatkan media online yang dapat melakukan hal tersebut yaitu tinypng.

Pertanyaannya adalah ? Aplikasi android apa yang dapat menyimpan extention file gambar selain jpg dan memiliki banyak fitur. Setelah mencari beberapa aplikasi di playstore, akhirnya saya menemukan aplikasi yang bernama Photo Editor keluaran dari iudesk.com.
Aplikasi photo editor ini memiliki fitur yang terbilang banyak fitur diantaranya :

1. Colour : exposure, brightness, contrass, saluration, temperature, tint, hue.
2. Curves, Level
3. Effect : gamma, auto tune, colout splash, blend color, sharphen, unsharpen, oil paint dan masih banyak lainnya yang jarang ditemui di aplikasi photo editor lainnya.
4. Effect II : fish eye, under water, reflection, perspective
5. Frames : drop shadow, vignette, clip, color.
6. Correction : temperature, whitebalance, backlight, perspective, lens, redeye, whiten.
7. Denoise, drawing, pixel, clone, cut off, text/image, rotation, crop, resize, fit.

Dari hasil photo maupun edit tersebut, file dapat disimpan ke album anda dengan extention jpg, gif, png, webP, pdf atau langsung dapat membagikannya ke media sosial yang anda miliki. Jadi aplikasi photo editor ini menurut saya sesuai bagi mereka yang sering mengirimkan file dengan jumlah yang cukup banyak.


ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar