Friday, June 1, 2018



Dari judul artikel ini, pernahkah anda mengalaminya ? Hal ini pasti dialami bagi mereka yang dalam pembuatan tabel tersebut sering melakukan penambahan kolom dan baris pada tabel yang dibuat atau memindahkan kolom dan baris. Dimana dalam kolom ataupun bari tersebut terdapat rumus didalamnya. Dengan kondisi ini maka referensi dari kolom dan baris tersebut berpindah.
Mungkin anda bertanya seperti apakah notifikasi yang ditampilkan pada layar komputer anda yang menyatakan bahwa anda tidak dapat menambahkan kolom pada excel. Jika anda belum mengetahuinya maka tampilan dari notifikasi tersebut adalah seperti di di bawah ini :

Dari gambar tersebut, saya tidak dapat menambahkan kolom pada AD yang ditunjukan dengan panah warna hijau. Dan saya diminta untuk menghapus cell yang tidak tampil namun di dalamnya terdapat cell yang kosong. Sehingga anda diminta untuk menempatkan cursor pada bagian akhir dari lembar kerja anda dengan Ctrl+End lalu menghapusnya. Dari cara ini sebenarnya bisa dapat menyelesaikan permasalahan anda. Namun hanya kecil kemungkinan untuk dapat diselesaikan, sehingga kita harus menghapus beberapa cell yang dimulai dari akhir kolom dan baris tabel anda. Dengan cara ini anda anda baru anda dapat menambahkan kolom baik di akhir tabel maupun di tengah tabel.


Jika cara di atas tidak dapat menyelesaikan masalah anda, tips yang dapat anda lakukan untuk menambahkan kolom baru yaitu dengan langkah :
1. Arahkan mouse anda pada bagian pojok kiri headings lembar kerja anda
2. Lalu klik kanan mouse anda dan pilih copy
3. Buat file baru excel anda
4. Tempatkan cursor mouse anda pada bagian pojok kiri heading lembar kerja yang baru
5. Paste
Sehingga langkah tersebut di atas dapat diilustrasikan seperti pada gambar di bawah ini untuk penempatan kursor mouse saat anda melakukan copy dan paste tabel.

Setelah melakukan langkah no 1 sampai dengan no 5 maka anda dapat menambahkan / menyisipkan kolom diantara tabel anda (menambahkan pada kolom AD).
Lakukan cek rumus-rumus di dalamnya, karena barangkali rumus-rumus tersebut terhubung dengan lembar kerja (sheet) yang lain. Bila memang terhubung ke sheet yang lain, lakukan revisi dari rumus yang ada.

Itulah cara mengatasi masalah disaat anda tidak dapat menambahkan kolom pada lembar kerja excel anda. Demikian langkah singkat ini, semoga dapat bermanfaat.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar