Mengatasi Invalid BIC Code


Pada artikel kali ini, berbagi73 mencoba membagikan kembali pengalaman yang terjadi pada layanan Internet Banking. Internet Banking yang akan saya angkat adalah Internet Banking Commonwealth. Bila pada artikel sebelumnya saya membahas tentang Invalid Failure saat akan melakukan approve pada proses Apply 2. Masalah invalid failure tersebut, penyebabnya adalah karena kesalahan memasukan kode verifikasi pada apply 2.

Sedangkan masalah yang saya alam, adalah saya akan melakukan transfer International dengan mata uang Dollar Australia pada Westpac Bank Australia.

Referensi yang diperlukan untuk transfer Dollar pada Commonwealth


1. Nomor Rekening
2. Nama Penerima
3. Swift Code
4. BSB Code

Untuk melakukan transfer melalui layanan Internet Banking Commonwealth, BSB Code diperlukan yang harus dilengkapi.
Saat saya melakukan transfer, saya telah memiliki referensi tersebut. Namun saat akan melakukan approve melalui tahap Apply 2, saya mendapatkan notifikasi Invalid BIC Code for Account with Institution

Awalnya saya berpikir, kalau saya salah memasukan kode referensi apply 2. Namun saat saya mengulang transfer saya tetap mendapatkan notifikasi yang sama.


Akhirnya saya menghubungi kantor cabang atas masalah tersebut. Setelah saya informasikan referensi notifikasi tersebut, akhirnya terjawab masalah tersebut. Ternyata masalah Invalid BIC Code tersebut disebabkan karena kode BSB dari Westpac Bank Australia tersebut belum terdaftar pada system bank Commonwealth.

Dengan demikian, bila suatu saat anda mendapatkan notifikasi tersebut sebaiknya segera informasikan ke pihak bank agar dapat dilakukan pengecekan atas notifikasi tersebut. Cara ini adalah cara terbaik yang harus dilakukan. Tujuannya adalah agar jangan sampai verifikasi hard token terkunci. Karena pada layanan Internet Banking Commonwealth akan mengunci apply 2 jika suatu transaksi reject setelah tiga kali verifikasi / approve.

Baca Juga