TRANSLATE TO:

Friday, October 27, 2017

Cara Transfer File dari Iphone, Ipad atau Ipod ke komputer

Bagi para pembaca sekalian, tentu sudah mengenal beberapa jenis gadget yang ada. Baik itu gadget dengan system symbian, android, ios, atau microsoft.
Dari system yang ada, dalam penggunaan dan aplikasinya berbeda-beda sehingga tidak semua aplikasi dapat digunakan untuk semua system tersebut. Semuanya tergantung dari developer yang membuat aplikasi itu sendiri.
Dalam hal ini yang sering dilakukan oleh pemilik gadget kadang ingin memindahkan data yang ada di dalam gadgetnya ke dalam suatu media baik itu flashdisk, cd / dvd, maupun ke dalam harddisk. Untuk dapat memindahkan media file tersebut perlu adanya bantuan software atau bahkan koneksi baik dalam bentuk wifi, bluetooth atau koneksi internet.
Untuk postingan saya ini, saya akan membahas mengenai menghubungkan antara produk apple yang berbasis ios dengan system windows. Pada umumnya untuk menghubungkan kedua system tersebut khususnya ios, pengguna harus memiliki aplikasi itunes. Tetapi permasalahannya adalah produk apple ini mempunyai tingkat keamanan dalam hal privasi.

Mengapa ? Karena jika pemilik komputer pernah menginstall aplikasi itunes maka saat menghubungkan gadget apple lain ke komputer maka komputer akan mensinkronisasi dengan profil itunes komputer sebelumnya. Sehingga data yang ada pada gadget tersebut tergantikan dengan profile itunes yang sudah ada sehingga data akan tertimpa atau dengan kata lain data akan tersinkronisasi dengan profil itunes. Untuk menghindari hal tersebut saya menggunakan bantuan aplikasi yang bernama ifunbox.




Langkah untuk menggunakan aplikasi Ifunbox :

1. Download aplikasi ifunbox dan install pada komputer anda yang akan digunakan untuk melakukan transfer file ke komputer anda. Jika aplikasi ifunbox dapat membaca dari gadget apple anda maka pada menu file browser pada aplikasi Ifunbox akan aktif dan akan menampilkan beberapa folder, seperti User application, general storage, camera dan lain-lain sehingga tampilan kurang lebih seperti pada gambar berikut.

Jika setelah melakukan instalasi dan ternyata gadget tidak terbaca seperti yang terlihat pada tampilan di bawah ini (tanda * merah) anda dapat melakukan bantuan atau cara lain yaitu dengan menginstall aplikasi Itunes seperti pada langkah selanjutnya.


2. Install Aplikasi Itunes
Jika gadget anda tidak terdeteksi oleh windows setelah menginstall ifunbox, maka installah Itunes agar gadget dapat terdeteksi oleh windows.
Setelah anda melakukan instalasi aplikasi itunes ini, seting Itunes anda agar saat anda menghubungkan produk apple ke komputer, tidak langsung membuka aplikasi itunes. Biasanya dapat dilakukan dengan cara saat anda menghubungkan komputer ke produk apple maka akan ada pilihan untuk mensinkronisasi atau tidak. Saat ada tampilan ini pilihlah untuk tidak mensinkronisasi, karena jika anda mensinkronisasi maka data yang ada pada produk apple anda akan terhapus dan digantikan dengan profile itunes yang ada pada komputer anda seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

Jadi dengan demikian sebaiknya setelah anda menginstall aplikasi itunes maka jangan anda buka aplikasi itunes tersebut atau anda dapat menutup aplikasi itunes tersebut.
Setelah 2 proses install dilakukan, anda dapat menghubungkan product apple ke komputer anda. Jika ipad, ipod atau iphone terbaca maka anda dapat melakukan transfer data baik dari komputer ke ipad, ipod atau iphone anda maupun dapat menginstall aplikasi langsung pada aplikasi ifunbox atau sebaliknya.

Demikian Cara transfer file dari iphone, ipad atau ipod ke komputer.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.