Saturday, December 30, 2017

Langkah dasar membuat dokumen pada Microsoft word

Apakah anda sebagai pemula dalam menggunakan microsoft word ? jika anda tergolong sebagai pengguna tingkat menengah atau lanjutan, mungkin posting artikel ini dianggap biasa. Namun yang mau berbagi pengalaman bersama didalamnya dapat meninggalkan komentar sehingga dapat memberikan masukan kepada para pembaca maupun penulis. Untuk pengguna microsoft word mungkin hal yang mudah dalam membut sebuah dokumen karena kita hanya mengetik atau menulis apa yang tertuang dalam pikiran kita. Namun bagaimana jika hasil print out tidak sesuai dengan yang diharapkan, seperti isi tulisan terlalu ke kiri, ke kanan, ke bawah, ke atas atau hasil tulisan tidak rapih.
Untuk yang telah paham, akan dapat dengan mudah menyelesaikan masalah tersebut. Mereka akan langsung merubah format margin atau menyesuaikan format kertas yang akan disesuaikan dengan hasil yang diinginkan.

Bagi yang belum mengetahuinya berikut langkah yang dapat anda lakukan :
1. Page setup dengan cara pilih page layout - page setup
Pada menu ini akan berisi beberapa menu diantaranya :
a. Margin.
Margin berfungsi untuk mengatur tepi atas, bawah, kanan dan kiri dari dokumen yang akan dibuat dengan cara memasukkan angka pada Top, Left, Bottom, Right. Pada seting default satuan menggunakan inch, sehingga untuk merubahnya dapat dilakukan dengan cara masuk ke file - option - advanced - gulir bagian kanan hingga menemukan menu display. Anda dapat merubah satuan sesuai yang diinginkan (inches, centimeter, millimeters, points, picas).
Orientation berfungsi untuk merubah format dokumen dalam bentuk potrait atau landscape.
Jika dokumen kerja anda hanya dalam bentuk satu format dokumen atau tidak melakukan page break maka pada bagian preview yang berada pada margin gunakan "whole dokumen". Jika dokumen anda menggunakan format yang berbeda maka anda dapat merubahnya dengan menggunakan "this point forward".
b. Paper size



Semua pasti sudah tau arti paper yang berarti kertas. Sehingga kertas yang akan digunakan adalah ukuran A4, letter (kuarto), atau F4. Sebagai informasi ukuran F4 secara international tidak dikenal sehingga biasanya yang tercantum adalah legal, dimana perbedaannya 1 cm. Jadi jika dalam menu paper size tidak ada F4, anda dapat merubahnya dengan menggunakan custom size yaitu 21,5 x 33 cm.
c. Layout
Layout ini berfungsi untuk mengatur tinggi header atau footer, yang akan digunakan dalam membuat halaman atau kop header pada bagian atas.
Langkah page setup ini bisa dilakukan juga diakhir penulisan. Namun akan menyebabkan halaman akan berubah, seperti isi jadi berpindah ke halaman selanjutnya atau paragraph juga akan terpotong ke halaman selanjutnya. Sehingga kita harua melakukan pengeditan kembali atas tulisan yang kita buat. Oleh karena itu disarankan untuk menentukan page setup di awal.

2. Paragraph dan Spasi
Dalam pembuatan sebuah dokumen tentunya kita mengetahui tujuan dari penulisan dokumen tersebut. Apakah hanya sekedar tulisan biasa, surat kuasa, surat perjanjian atau sebuah karya tulis. Dengan mengetahui tujuan dari penulisan tersebut maka anda dapat menggunakan format margin. Dalam format margin yang banyak digunakan adalah terdapat 3 bagian yaitu left (rata kiri), center (bisa digunakan untuk penulisan judul, dimana judul akan berada pada posisi tengah) dan right (digunakan untuk penulisan dalam bentuk angka atau nominal) yang ditunjukan pada gambar disamping dengan warna garis hijau

Spasi ini berada pada menu paragraft, dimana berfungsi untuk menentukan antara baris tulisan dari paragraft. Jika anda ingin menggunakan cara cepat, maka anda dapat melakukannya dengan cara:
a. Tekan Ctrl 1 untuk 1 spasi
b. Tekan Ctrl 2 untuk 2 spasi
c. Tekan Ctrl 5 untuk 1,5 Spasi.
atau anda dapat melakukannya dengan mengarahkan mouse anda pada area yang penulis tandai dengan warna merah.

Dengan mengetahui langkah tersebut anda sudah dapat membuat sebuah dokumen microsoft word tanpa harus melakukan pengeditan kembali. Sebagai tambahan dari langkah dasar membuat dokumen microsoft word, anda juga dapat mempelajari :

Fungsi Format Painter 




Demikian langkah dasar dalam membuat dokumen dalam microsoft word. Dan jangan lupa setelah anda selesai membuat dokumen simpan hasil kerja anda dengan cara Ctrl+S atau masuk ke menu file-save.

2 komentar:

  1. Maaf gan, tanpa mengurangi rasa hormat, kalau diperkenankan ngomong sih gan, ini bukan "membuat" dokumen, tapi lebih ke mengenalkan bagian dan tools dari Ms. Word ini sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagian tools tersebut tanpa disadari merupakan bagian penting yg mendasar, guna menghindari pengeditan seperti yang dijelaskan pada awal paragraph.
      Karena dasar dalam aplikasi apapun tidak terlepas dari tools itu sendiri.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.