Saturday, December 23, 2017

Seting Akun Gmail di Thunderbird

Selamat bertemu kembali pembaca berbagi73. Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai aplikasi email yang bernama Mozilla Thunderbird. Dengan berkembangnya system windows dari tahun ke tahun, maka semakin banyak perubahan yang terjadi pada aplikasi email yang biasa digunakan. Pada awalnya yang pernah menggunakan system sebelum windows 7, maka pernah mengenal aplikasi yang bernama outlook express. Aplikasi ini banyak digunakan pada saat itu karena mempunyai konfigurasi yang cukup mudah dan disamping itu jika akan melakukan migrasi ke aplikasi email lainnya seperti microsoft outlook, netscape mempunyai fasilitas untuk dapat mengexport email yang telah tersimpan pada profil outllook express yang ada.

Seiiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, outlook express telah tidak digunakan mulai adanya windows 7. Sehingga dengan kondisi demikian maka banyak bermunculan aplikasi email yang dapat menggantikan aplikasi outlook express tersebut. Untuk mereka yang sebelumnya setting email dengan menggunakan IMAP tentu tidak akan terlalu bermasalah. Karena setting tersebut dapat berjalan secara online dan semua email akan tersinkronisasi secara online. Sehingga semua email yang ada pada server email akan tetap dapat didownload, kecuali beberapa email yang telah dihapus dari server.


Namun permasalahannya adalah bagaimana jika seting email sebelumnya menggunakan POP3, dimana semua email akan tersimpan pada lokal komputer. Oleh karena itu, jika kita beralih menggunakan system windows 7, maka kita perlu memikirkan aplikasi alternatif dari outllok express. Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan system windows dimana setelah migrasi ke windows 7 sampai dengan windows 10 saat ini, maka kiranya perlu mempertimbangkan aplikasi yang bernama Mozilla Thunderbird sebagai pengganti outlook express. Saya menggunakan Mozilla Thunderbird dengan pertimbangan jika saya menggunakan microsoft outlook biasanya aplikasi microsoft mempunyai macro dimana kadang beberapa antivirus mendeteksi sebagai virus. Disamping itu file email jika di download hasilnya lebih besar dibandingkan dengan Mozilla Thunderbird.



Lalu bagaimana caranya mengkonfigurasi agar email dapat di download (received) oleh Mozilla Thunderbird.

Berikut langkah seting akun gmail di mozilla tunderbird yang dapat anda lakukan :

1. Sesuaikan versi Mozilla Thunderbird anda dengan system windows yang anda miliki, apakah 32 bit atau 64 bit.
2. Setelah proses instalasi dan pertama anda membuka aplikasi Mozilla Thunderbird maka anda akan dihadapkan pada layar welcome to Mozilla Thunderbird yang akan mengkonfigurasi kepada partnership gandi.net. Pada proses ini saya akan menutup layar tersebut karena email yang saya gunakan adalah email yang sudah saya miliki dalam hal ini adalah gmail.
3. Masuk ke menu Tool – Account Setting.

4. Pada menu Account seting, pilih Account Action – Add Mail Account hingga nantinya tampil layar
5. Mail Account Setup. Pada Layar ini, isikan informasi yang ada : nama (nickname), alamat email, password. Pada kotak kecil remember password anda dapat menceklist atau tidak sesuai dengan keinginan anda. Lalu pilih continue.
6. Setelah langkah diatas maka Mozilla Thunderbird akan mendeteksi dari apa yang telah anda isikan. Jika berhasil maka Mozilla Thunderbird akan menampilkan konfigurasi yang ditemukan oleh Mozilla Thunderbird. Pada proses ini anda dapat memilih apakah akan menggunakan konfigurasi IMAP ataukah POP3. Perbedaannya adalah jika anda menggunakan IMAP maka seluruh email tidak akan akan disimpan di lokal komputer. Sedangkan jika anda memilih POP3 maka email akan disimpan di lokal komputer sehingga anda dapat membuka email tanpa terhubung dengan internet.



7. Lalu pilih Done.
Selesai sudah konfigurasi untuk akun Gmail anda.
Jika telah selesai mengkonfigurasi email tersebut, maka akan tersimpan pada profile user anda. Untuk mengetahuinya anda cukup ketik run - %appdata% - Roaming – Mozilla Thunderbird – profiles.
Hal ini berguna jika sekali waktu anda akan menginstall ulang windows anda maka anda dapat mengcopy folder Mozilla Thunderbird tersebut ke drive atau folder lain. Karena sebagian pengguna komputer atau teknisi komputer saat menginstall komputer selalu menggunakan fasilitas format harddisk.
Dan jika sekali waktu anda mengalami masalah dimana folder email anda tidak ditemukan, anda dapat dapar mempelajari :

Cara mengatatasi email yang hilang di thunderbird.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.