TRANSLATE TO:

Saturday, December 16, 2017

Rumus Excel Sederhana yang kadang Terabaikan

Bagi pengguna microsoft excel, bukan merupakan hal yang aneh jika setiap dokumen kerja selalu menemukan rumus atau menggunakan rumus dalam tabel. Karena pada microsoft excel memang berfungsi dalam menghitung hasil dari suatu perhitungan tertentu sesuai yang diinginkan. Setiap penggunanya tentu sudah mengenal bagaimana cara menggunakan rumus matematika secara standar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata dan sebagainya. Dari rumus-rumus tersebut dapat digabungkan sesuai yang diinginkan.
Karena rumus-rumus dasar tersebut sebenarnya dapat digunakan secara otomatis tanpa kita harus mengcopy rumus-rumus tersebut. Untuk dapat menggunakannya anda dapat menggunakan fasilitas format style table seperti pada postingan saya sebelumnya :

Cara Menggunakan Format Style Table



Sesuai dengan judul posting saya kali ini yaitu beberapa rumus yang terabaikan, maka dalam hal ini saya lebih menekankan kepada rumus excel untuk membantu kepada penggunanya agar tidak melakukan pengetikan secara berulang, menghitung jumlah karakter, memperbesar huruf kapital, mengambil nilai tertentu dari angka yang sudah terinput sehingga mengurangi kesalahan.
Jadi dengan kata lain rumus-rumus ini bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan anda, atau lebih menekankan kepada text atau nilai statistik.

Rumus excel yang sering terabaikan

1. Rumus Untuk Menghitung Karakter
Fungsi ini berguna jika anda sedang membuat data dimana ingin menentukan berapa jumlah karakter yang terinput. Biasanya jika mendeteksi nomor KTP, SIM, NPWP, atau nomor identitas lain yang jumlahnya baku. Untuk menggunakannya adalah dengan cara =len(cell), dimana cell tersebut adalah data yang ingin kita ketahui jumlah karakternya.





2. Membuat huruf menjadi Kapital
Cara ini bisa digunakan jika suatu waktu anda ingin merubah jenis huruf yang sudah terinput sebelumnya. Pada penerapannya ada beberapa rumus yang digunakan, misalkan :
budi suryadi dan ingin dirubah menjadi : BUDI SURYADI atau Budi Suryadi










3. Mengambil Jumlah Karakter atau Angka Tertentu
Misalkan :
123456789101120 lalu anda akan mengambil 6 karakter dari angka tersebut, maka dapat anda gunakan rumus : left (cell,6) dengan kata lain karakter aka diambil sejumlah 6 karakter dari kiri atau akhir. Sedangkan untuk mengambil karakter dari kanan atau akhir maka rubah menjadi right (cell,5). Seperti tampak pada gambar berikut






4. Menggabungkan 2 isi cell menjadi 1
Misalkan anda memiliki data yang berisi Nama dan No KTP lalu anda ingin menyatukan keduanya maka anda tidak perlu melakukan pengetikan ulang. Karena anda dapat menggunakan bantuan rumus seperti tampak pada capture berikut :





Hal ini juga bisa diterapkan jika anda mempunyai data unit dan satuan ingin digabungkan maka dapat mempergunakan rumus tersebut.

Hal ini saya lakukan karena data yang saya kerjakan dalam jumlah puluhan dan bahkan ratusan. Sehingga jika dengan menggunakan rumus-rumus tersebut saya tidak perlu melakukan pengetikan ulang. Saya tinggal menggunakan rumus tersebut pada kolom lain lalu lakukan copy dan paste special pada tabel sebelumnya.

Demikian rumus excel sederhana yang biasa saya gunakan untuk membantu dalam pekerjaan saya.

3 komentar:

  1. Yang saya belum pernah pakai, yang "upper" dan "proper". Boleh juga dipakai, nih.

    ReplyDelete
  2. BERMANFAAT SKALI NIH TERIMA KASIH YAH SUDAH DISHARE.....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.