Wednesday, May 16, 2018


Suatu harapan bagi para blogger agar artikel yang mereka buat dapat berada di posisi halaman pertama google. Karena dengan dengan menduduki halaman pertama inilah, yang besar kemungkinan akan dikunjungi oleh pencari informasi melalui mesin pencari (google, yahoo, dan bing).
Lalu bagaimana caranya ? hal itu harus memiliki pengetahuan yang diimbangi dengan jam terbang blogger sendiri. Disini saya tidak akan membahas bagaimana agar artikel kita dapat berada di posisi halaman pertama. Tetapi lebih menekankan pada memonitor sampai sejauh mana posisi artikel yang kita buat.

Jika kita cari di mesin pencari, banyak yang dapat digunakan untuk cek posisi artikel kita dengan menggunakan keyword yang kita tanamkan dalam artikel tersebut. Salah satu aplikasi android yang dapat dijadikan alat untuk memonitor posisi artikel kita adalah Serpmojo.

Dengan menggunakan Serpmojo ini, kita dapat melihat posisi artikel baik di google, yahoo ataupun bing. Saya sebagai pemula dalam blogger dimana tidak terlalu menguasai dalam hal seo, keyword atau apalah, tetapi saya lebih meyakini jika kita buat suatu artikel dengan ingormasi yang bermanfaat dan mempunyai ciri khas, saya rasa besat kemungkinan posisi artikel kita dapat berada pada posisi google minimalnya berada pada halaman kedua atau ketiga dari google.

Bagi yang belum pernah menggunakan Serpmojo, cukup mudah cara penggunaannya yaitu ;
1. Install Serpmojo dari playstore
2. Buka Serpmojo dan masukan alamat url yang kita miliki.
3. Tambahkan keyword, dengan mengisi judul artikel kita.
4. Simpan

Dengan langkah tersebut, anda sudah selesai untuk mengecek posisi artikel kita.
Permasalahannya adalah jika kita menggunakan Serpmojo versi gratis, kita tidak dapat melihat posisi artikel secara realtime. Hal tersebut ditqndai dengan angka-angka dengan warna abu-abu. Tetapi jika versi pro, kita dapat mengetahui posisi secara realtime.

Lalu bagaimana jika suatu saat kita akan mengganti perangkat kita, tentunya tidak mungkin kita harus memasukkan satu persatu judul artikel / keyword kedalam aplikasi Serpmojo tersebut. Oleh karena itu kita dapat menggunakaan fitur backup dari Serpmojo.

Untuk membackup dan restore Sepmojo pada Android, caranya adalah :


1. Pilih tiga dot vertikal pada pojok kanan atas.
2. Pilih export / backup.
3. Pada bagian Export pilij All url, agat semua alamat url yang anda miliki dapat terbackup.
4. Pada bagian backup, pilih create backup yang akan menjadikan sebagai file lampiran yang dapat dibagikan ke email, media sosial atau tersimpan di google drive. Hasil backup file tersebut mempunyai extention nama file.serpmojo. Anda dapat memilih sesuai yang anda inginkan. Untuk saya pribadi saya lebih memilih sebagai lampiran email, karena agar file tersebut dapat di download.
Lakukan backup ini sebelum anda mengupgrade perangkat anda atau mereset perangkat anda.

5. Setelah langkah tersebut selesai dilakukan, dan jika sekali waktu anda ingin mengembalikan / restore kumpulan url dan keyword yang pernah anda buat, anda cukup membuka file backup tersebut. Otomatis seluruh url dan keyword yang pernah anda buat dan yang terakhir di backup akan masuk kembali ke aplikasi serpmojo anda. Mudah bukan... dan kita tidak perlu memasukkan ulang semua url dan keyword kita. Mudah bukan...


ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar