TRANSLATE TO:

Saturday, May 19, 2018

Membuat Layout Halaman berbeda di Msword

Bagi yang sudah sering menjalankan aplikasi Msword, tentu tidak asing dengan judul dari artikel ini. Karena sebenarnya isi dari arrikel ini adalah merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya. Yang dimaksud merubah layout halaman disini, adalah jika anda mempunyai suatu dokumen, dan isi dari dokumen tersebut terdapat 2 layout halaman yang berbentuk potrait (Berdiri) dan landscape (horizontal) maka tidak mungkin kita membuat 2 file karena perbedaan tersebut.

Untuk merubah format perbedaan layout tersebut, saya asumsikan terlebih dahulu jika disini, file sudah ada / kita akan menyisipkan layout yang berbeda di dalam file tersebut. Caranya adalah :
1. Buka halaman yang akan kita sisipkan. Misalkan kita akan menyisipkan layout yang berbeda diantara halaman 1 dan 3, maka
2. Pindahkan kursor kita ke halaman pertama terlebih dahulu yang ditunjukan dengan panah berwarna merah, lalu tekan Ctrl + Enter agar menghasilkan halaman baru. Setelah itu kembalikan kursor pada panah berwarna merah lalu masuk ke menu :
a. Page Layout
b. Page Setup
Pindahkan bagian Orientation menjadi Landscape lalu pada bagian yang bertuliskan Apply to : Pilihlah this point forward. Dengan cara ini maka semua halaman akan berubah menjadi landscape yang dimulai dari halaman awal landscape tersebut. Dan untuk mengembalikannya lakukan
3. Tempatkan kursor pada bagian akhir halaman landscape yang ditunjukkan dengan panah berwarna kuning. Lalu lakukan hal yang sama seperti pada point 2b.

Cara ini biasanya dilakukan untuk jenis dokumen berbentuk proposal, karya tulis atau skripsi. Lalu bagaimanakah halnya dengan penomoran halamannya ? Karena dalam page setup halaman menggunakan page break, atau menggunakan format halaman yang berbeda maka secara teknisnya halaman tidak akan pernah berubah urutannya. Namun ada sebagian penulis yang merasa bahwa dengan berubahnya layout halaman maka mereka pun ingin merubah posisi nomor halaman agar sama, baik potrait maupun lanscape.

Dengan kondisi ini maka anda dapat melakukan langkah berikut :


1. Masuk ke Menu Insert - Footer. Lalu pilih model nomor halaman yang anda inginkan.
Pada langkah ini maka semua halaman akan terisi dengan model nomor halaman yang sama. Jika anda ingin menghapus halaman yang berada pada posisi layout lanscape maka :
2. Doubel klik pada nomor halaman yang berbentul landscape tersebut, maka secara otomatis akan header footer design.
3. Sort (blok) nomor halaman tersebut, lalu pada bagian design pilih link to previous. Setelah langkah ini anda dapat menghapus nomor tersebut, agar tidak muncul pada halaman landscape.
Namun efek dari menonaktifkan link to previous maka setelah anda menghapus nomor halaman tersebut maka halaman selanjutnya yang berbentuk potrait akan ikut terhapus juga. Untuk memperbaikinya,
4. Pindahkan kursor pada halaman potrait selanjutnya, lalu pilih Menu Insert - Footer. Lalu pilih model nomor halaman yang anda inginkan.

Sebagai trik agar nomor halaman sesuai dengan urutannya, maka jika anda tidak ingin ada nomor halaman pada bagian layout lanscape, anda dapat menggunakan fasilitas shapes untuk menutup halaman tersebut. Hal ini jauh lebih mudah untuk menyiasatinya, semoga dapat bermanfaat.

2 komentar:

  1. mungkin cocok untuk membuat CV ya...

    ReplyDelete
  2. bisa saja kalau memamg cv tersebut didalamnya terdapat lampiran ijazah, agar dapat dikirimkan menjadi 1 file

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.