Tuesday, May 22, 2018



Siapa yang tidak kenal istilah hotspot ? tentunya saat ini hampir pengguna smartphone mengenal isitlah hotspot. Karena dalam smartphone terdapat fitur hotspot. Dari fitur hotspot smartphone, terdapat dua jenis setting yang umum bisa anda gunakan. Hal ini tergantung dari tipe perangkat yang anda gunakan :
1. Hanya memiliki fitur hotspot terbatas.
Yang dimaksud dengan fitur terbatas ini, smartphone yang dijadikan hotspot tidak bisa mengatur / memberikan nama perangkat yang terhubung ke nama hotspot yang dibuat. Dengan demikian yang ditampilkan hanya dalam bentuk mac address dari pengguna hotspot, sehingga pemilik hotspot harus mengetahui perangkat siapa yang terhubung dengan melihat dari perangkat penerima hotspotnya. Seperti yang terlihat pada tampilan di bawah ini :

Jika tidak mengijinkan salah satu perangkat terhubung ke perangkat anda, anda cukup memilih menublock agar perangkat tersebut tidak dapat mengaksesnya.

2. Smartphone dengan fitur hotspot yang dapat dikembangkan / optional.
Maksud dapat dikembangkan adalah pembuat hotspot ini dapat mengijinkan siapa saja yang dapat terhubung ke dalam jaringan hotspot yang sudah dibuat. Artinya disini saat smartphone mengaktifkan hotspot dan penerima hotspot mengaktifkan wifi, maka penerima hotspot tersebut dapat kita masukan ke dalam daftar penerima hotspot dengan cara pilih tanda + yang ditandai dengan lingkar merah dan masukan nama perangkat seperti yang terlihat dibawah ini :

Dan jika telah dimasukkan nama / mac address dari pemakai hotspot, dan kita mengatur hanya perangkat yang ada di dalam daftar mac address tersebut, maka tanpa dibuat password pun dari hotspot tersebut, koneksi akan aman karena hanya perangkat tertentu yang dapat mengaksesnya.

Ilustrasi diatas adalah penerapan Setting hotspot dengan mac address pada pengguna smartphone.



Lalu bagaimana jika kita memiliki laptop dan ingin menjadikan laptop tersebut sebagai hotspot ?
Untuk yang memiliki laptop dengan os windows 10, sebenarnya sudah mempunyai fitur hotspot mobile. Dengan fitur inilah anda dapat menggunakannya sebagai hotspot. Adapun langkahnya dapat dilihat pada gambar berikut :

1. Hubungkan terlebih dahulu koneksi anda ke internet. Hal ini tergantung dari koneksi yang akab anda miliki, apakah menggunakan modem, atau router.
2. Pilih networking (wifi) .
3. Pilih nama internet access.
Disini mungkin timbul pertanyaan, mengapa tidak langsung saya ke hotspot yang tersedia. Memang asumsi tersebut benar, namun bagaimana jika hotspot tersebut dibatasi aksesnya. Tentu perangkat lain yang akan terhubung ke hotspot tersebut akan masuk ke daftar tunggu. Oleh karena itu untuk menyiasatinya jadikan laptop sebagai hotspot.
4. Aktifkan mobile hotspot. Untuk mengkonfigurasi nama hotspot dan password, klik kanan mouse anda pada mobile hotspot tersebut - go to setting yang akan menampilkan konfigurasi.
5. Lakukan perubahan nama dan password sesuai yang anda inginkan.

Demikian cara membuat hotspot sesuai dengan perangkat yang anda gunakan.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar