Tidak bisa Copy Paste di Excel


Copy paste adalah suatu kegiatan yang dapat mempermudah pengguna komputer / smartphone untuk melakukan duplikat tanpa harus menginput ulang suatu teks. Tetapi apakah selama proses copy paste tersebut dapat berjalan dengan normal. Hal ini tergantung dari prosedur yang dilakukan oleh user.

Salah satu fungsi copy paste yang memiliki varian adalah saat kita melalukannya di program microsoft office. Karena saat melalukan duplikasi teks kita terdapat fungsi paste special yang akan memberikan pilihan apakah akan menggunakan format sesuai aslinya atau berdasarkan format tertentu.

Paste special yang memiliki variant adalah terdapat pada microsoft excel.

Paste special yang digunakan pada excel

1. Formula
2. Value
3. Coloum
4. Formula
5. Transpose
6. Substract
7. dan lain sebainya.

Hingga akhirnya suatu waktu saya menemui kendala saat melakukan copy paste, dimana tidak bisa copy paste dengan notifikasi sebagai berikut :

Tidak bisa copy paste di excel


"You can't paste this here because the copy and paste area aren't the same size. Select just one cell in the paste area or an area that's the same size, and try pasting again".


Keadaan tersebut diawali saat saya akan melakukan copy paste dari file yang berisi beberapa sheet, dimana saya akan mengambil salah satu informasi dalam sheet.
Tetapi saat proses paste, saya tidak berhasil, hingga saya coba pada file baru.

Ternyata setelah saya perhatikan, pada file sumber yang saya miliki terlihat adanya dua sheet yang berwarna terang. Rupanya saat saya memindahkan ke sheet lain, tombol Ctrl tertekan yang berfungsi membuat group sheet di Excel.

Setelah saya ungroup dari sheet tersebut, akhirnya saya berhasil copy paste data tabel saya sebelumnya. Dengan kejadian ini, akhirnya saya mencoba eksperimen dengan melakukan copy paste kembali dengan kondisi sheet excel telah di group. Tetapi saat melakukan paste, sayapun melakukan group terlebih dahulu pada file tujuan. Akhirnya semua data dalam tabel yang berada pada group tabel sebelumnya dapat tercopy secara sempurna.

Dengan demikian proses copy paste untuk sebuah file dapat dilakukan juga dengan kondisi sheet excel telah di group. Hal ini sama seperti membuat tabel periodik dengan susunan tabel yang sama.

Baca Juga