Saturday, November 11, 2017

Fungsi Group Sheet pada Excel

Bagi pengguna excel telah banyak yang mengetahui bagaimana cara mengcopy isi lembar kerja dari satu lembar kerja ke lembar kerja lainnya. Dari yang mulai dengan cara konvensional (copy paste), paste special, atau dengan cara :

Copy lembar kerja tanpa merubah format aslinya



Pada kali ini saya akan membahas mengenai fungsi group sheet pada excel. Fungsi ini berdasarkan pengetahuan dari saya pribadi, fungsi ini mempunyai 2 fungsi.

Pertama
adalah untuk mencetak beberapa lembar kerja dalam satu perintah. Maksud dari satu perintah disini adalah jika kita akan mencetak file yang terdiri dari beberapa sheet, kita harus mencetak satu persatu dari sheet yang ada. Namun dengan menggunakan cara menggroup sheet yang ada maka lembar kerja yang telah kita group dapat dicetak dalam satu kali kerja. Untuk dapat melakukan hal itu lembar kerja dari masing-masing sheet harus mempunyai format yang sama. Sehingga hasil cetak tidak akan berubah, karena saat mencetak file excel kita harus mengatur margin dari file yang akan dicetak.

Kedua
Fungsi kedua ini adalah sebenarnya dasar dari fungsi pertama. Dimana untuk menghasilkan format yang sama dapat dilakukan dengan cara mengcopy lembar kerja tanpa merubah format aslinya. Hal tersebut dilakukan jika file kerja telah selesai dibuat. Jika file kerja belum dibuat dan anda akan membuat sebuah file dengan bentuk lembar kerja secara simultan, maka anda dapat menggunakan trik yang hampir sama. Hanya bedanya adalah anda mengerjakan lembar kerja dari awal.

Anda dapat melakukan langkah seperti yang tampak pada gambar yaitu :
1. Buat file kerja baru, jika setiap anda membuat file baru dan hanya menyajikan 1 lembar kerja maka anda dapat langsung menyesuaikan lembar kerja yang akan dibuat. Misalkan anda akan membuat 3 lembar kerja maka anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu option excel dan anda dapat merubah tanda yang saya lingkari sesuai dengan jumlah sheet yang akan dibuat
2. Tekan ctrl keyboard anda bersamaan dengan mengklik satu persatu dari masing-masing sheet sehingga sheet akan tergroup yang ditandai adanya text ungroup pada menu saat anda mengklik kanan mouse


3. Silahkan anda buat lembar kerja pada sheet1 atau di sheet manapun, dengan catatan semua sheet telah di group.
4. Setelah selesai, lihat hasilnya... semua sheet anda akan terisi dengan teks dan format yang sama
.
Sebagai catatan, dari langkah-langkah tersebut diatas, jika dalam lembar kerja yang dibuat terdapat rumus, sebaiknya cek kembali rumus-rumus yang ada pada masing2 sheet. Untuk saya pribadi jika ada penggunaan rumus, maka saya cukup menggunakan fungsi find and replace dari cell atau nama sheetnya. Cara tersebut cukup dapat menyelesaikan masalah.

Dengan mengetahui fungsi group sheet pada excel ini, dapat mempermudah pekerjaan anda dalam membuat jadwal kerja, atau tabel tabulasi yang bersifat simultan; semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.