Sunday, March 25, 2018


Saat anda membaca artikel saya ini, ada dua alasan :
1. Anda Sedang membaca artikel diluar permasalahan seputar Excel atau
2. Anda memang mengalami kendala pada Microsoft Excel yang menutup sendiri dengan notifikasi:

Microsoft Excel has stopped working


Jika hal ini anda alami, tentunya akan membuat anda kesal. Terutama jika hasil pekerjaan anda belum sempat disimpan. Namun hal ini perlu anda ketahui, penyebab masalah ini pada umumnya karena beberapa masalah seperti :
1. Anda membuka beberapa file excel yang dimana didalam beberapa file excel tersebut terdapat bermacam-macam rumus didalamnya.
2. Adanya file yang saling berkaitan atau masing-masing file terhubung satu sama lainnya.
3. Memori / Ram dari komputer yang anda miliki memiliki kapasitas dibawah standar atau memiliki ukuran standar. Seperti anda hanya memiliki ram 2 GB saja.
4. Komputer anda terkena virus.

Penyebab no 3 dan 4, tidak akan saya bahas, karena solusinya hanya melalui menambah ram jika memori anda memiliki ukuran standar. Sedangkan no 4, anda perlu membersihkan komputer dari virus yang menyerang komputer anda. Dan anda harus perlu mengetahui antivirus apa yang dapat digunakan.


Untuk mengatasi notifikasi Microsoft excel yang tampil di bawah ini :


Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan :
1. Jangan menekan tombol cancel saat layar anda menampilkan notifikasi tersebut.
Biarkan komputer menyelesaikan proses ini, agar hasil kerja anda tidak hilang seluruhnya. Mengapa saya katakan untuk membiarkannya ?
Karena pada microsoft excel pada umumnya seting bawaan dari excel selalu menyimpan auto recover setiap pekerjaan anda yang akan disimpan pada folder recovery.

2. Setelah proses "Microsoft Excel has stopped working" biasanya microsoft excel akan membuka kembali hasil pekerjaan terakhir.
Jika proses ini tidak terjadi "jangan membuka file kerja anda sebelumnya". Tetapi buka aplikasi Microsoft Excel melalui program yang terinstall (Start Menu). Mengapa langkah ini saya rekomendasikan ? Karena jika anda membuka file aslinya, anda tidak akan menemukan hasil kerja terakhir yang telah anda lakukan terhadap file tersebut. Sehingga dengan membuka aplikasi Microsoft Excel melalui start menu - Microsoft Excel, maka aplikasi Microsoft Excel akan menampilkan kumpulan daftar file excel yang terakhir dengan adanya nama file .... (recover) seperti contoh di bawah ini :

3. Jika dalam daftar recover tersebut tidak menampilkan file yang sebelumnya sedang anda kerjakan, anda dapat melakukan langkah berikut :
a. Masuk ke menu File option - save - save workbooks - AutoRecover file location. Pada kolom AutoRecover file location tersebut terdapat folder yang menyimpan file terakhir yang sedang anda kerjakan. Anda dapat membuka daftar file yang ada didalamnya, biasanya terdapat dalam folder C:\Users\NAMA KOMPUTER\AppData\Roaming\Microsoft\Excel.
b. Sebelum membukanya, sebaiknya buka terlebih dahulu kumpulan file recover yang ada pada aplikasi excel. Dan lakukan simpan dengan cara save as, agar dapat membandingkan dengan file yang aslinya.
c. Setelah tersimpan semuanya, buka file yang ada dalam folder auto recover lalu lakukan save as.
d. Jika kejadian ini terulang kembali, simpan file excel yang anda kerjakan ke versi excel terbaru. Karena salah satu penyebabnya juga dikarenakan file yang anda kerjakan sebelumnya masih menggunakan versi excel lama (microsoft excel 2007 dengan extensi xls).
e. Lakukan pembersihan swap file pada komputer anda dengan cara masuk ke perintah run, dengan cara :

tekan tombol logo windows+R - lalu ketik pada kolom run %temp%. Hapus semua folder dan file di dalamnya, kecuali folder VBE. Untuk file yang tidak bisa dihapus biarkan / skip, karena file tersebut sedang digunakan. Pada tahap ini disarankan anda menutup seluruh aplikasi yang sedang berjalan, agar proses pembersihan swap file dapat berjalan sempurna. Lakukan juga pada empty recycled bin yang ada pada komputer anda.
f. Jika memang pekerjaan dirasakan penting, lakukan save pekerjaan anda setiap 15 menit sekali, dan jangan lupa untuk mengaktifkan Save AutoRecover information every ..., yang dapat anda temukan pada "menu File option - save - save workbooks". Jika memungkinkan lakukan penambahan memori pada komputer anda dan membersihkan komputer anda dengan antivirus yang ringan namun tetap terupdate serumnya.

Jika semuanya telah selesai, maka anda dapat melanjutkan pekerjaan anda dengan hasil pekerjaan terakhir yang telah anda kerjakan.

Demikian tips yang mungkin bisa digunakan jika anda mengalami kendala tersebut. Dan jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang mengatasi permasalahan komputer, anda dapat membaca juga :

Permasalahan komputer dan cara mengatasinya.


ARTIKEL TERKAIT :

1 komentar:

saya selama menggunakan Microsoft Excel sepertinya belum pernah mengalami hal yang demikian Mas, namun pelajaran yang sangat berharga saya ambil dari post ini. tankyu

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar