Friday, March 30, 2018


Pada umumnya setiap hasil pekerjaan dalam bentuk dokumen, akan di cetak ke dalam mesin printer. Namun disaat pekerjaan yang diburu waktu kadang menemukan masalah untuk mencetak dokumen, seperti dokumen yang tidak bisa dicetak. Untuk kasus ini, mungkin anda pernah mengalaminya dimana tiba-tiba printer tidak dikenali oleh komputer. Sehingga kita diminta untuk melakukan install ulang. Dan kadang setelah kita melakukan restart komputer, akhirnya proses pencetakan dapat berjalan dengan normal.

Sebenarnya jika anda mengalami hal ini, sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk melakukan install ulang driver printer anda. Perhatikan notifikasi pada layar monitor anda. Karena bisa juga terjadi dengan notifikasi "Print Spooler service may stop sending print jobs...".

Untuk masalah Print Spooler Service is not running pada System Komputer / mengatasi print spooler system, cara yang dapat anda lakukan :

1. Tekan tombol logo Windows + R, dimana langkah ini akan menampilkan run program.
Lalu masukan dalam kolom tersebut dengan "services.msc" seperti pada gambar berikut :

2. Setelah anda memasukkan perintah services.msc maka akan menampilkan menu services berupa kumpulan beberapa system yang sedang berjalan pada system anda. Karena dalam hal ini masalah pada printer spooler, maka anda ketik perintah pada daftar nama dengan "print spooler" yang tampak pada gambar berikut :

4. Setelah anda menemukannya maka tekan enter pada keyboard anda agar dapat menampilkan Print Spooler Properties

Pada tahap ini yang perlu kita perhatikan dimana saya membandingkan dua tampilan :
a. General yang saya beri nomor 1
Pada print spooler properties ini kita dapat melihat service status. Pilih tombol stop untuk memberhentikan proses dalam system windows.
Selanjutnya pilih pada bagian start up stype dengan Automatic, lalu pilih tombol start. Setelah anda melakukan tahap ini biasanya permasalahan telah selesai. Jika permasalahan masih berlanjut dengan kasus yang sama, kita dapat melakukan tahap selanjutnya.

b. Recovery yang saya beri nomor 2 pada print spooler properties
Pada tampilan yang saya berikan terdapat beberapa jika pilih restart pada bagian first failure, second failure, subsequent failures.
Pilihlah dengan menggunakan restart the service, lalu lakukan langkah awal melalui menu general (nomor 1) dengan cara yang sama.

Setelah tahap di atas dilakukan, restart komputer dan coba kembali untuk mencetak dokumen anda. Dengan cara ini biasanya permasalahan dapat terselesaikan.

Jika permasalahan ini tidak terselesaikan, anda dapat mencoba untuk melakukan :
1. Membersihkan system dengan antivirus dengan jenis malware, trojan.
2. Reinstall driver printer anda.

Mudah-mudahan cara-cara diatas dapat menyelesaikan permasalahan anda.


ARTIKEL TERKAIT :

1 komentar:

sangat bermanfaat sob, aku sering ngalamin kaya gini

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar