Wednesday, April 4, 2018

Membuat Symbol dengan Custom Category dalam Format Cell Microsoft Excel

Kali ini saya akan memberikan tips untuk mengganti fungsi / rumus excel yang kadang tidak dapat dilakukan. Tentunya anda akan bertanya apakah ada rumus / fungsi excel yang tidak dapat menyelesaikannya ? sebenarnya bagi yang sering mengoperasikan excel hal itu tidaklah menjadi kendala. Karena prinsipnya jika hanya sekedar untuk tampilan isi tabel, maka pengguna dapat menggunakan kolom bantu dan menyembunyikannya.

Namun bagaimana jika hasil dari perhitungan adalah menggunakan symbol, seperti akan menghasilkan 10°C, 1", atau membuat symbol lainnya. Untuk pilihan ini, anda tidak perlu menggunakan kolom bantu, tetapi anda dapat menggunakan format cell.

Format cell ini berfungsi untuk menampilkan isi dari suatu cell, kolom ataupun baris. Dimana didalamnya terdapat kategori number, seperti :





Category Custom
Fungsi ini merupakan gabungan dari semuanya. Karena dengan menggunakan format ini maka kita dapat menggunakannya secara bervariasi.
Setelah kita mengetahui format cell baku yang ada maka kita dapat mengembangkannya ke format custom.
Sesuai dengan topik yang akan kita bahas bagaimana menghasilkan symbol yang tidak terdapat dalam kategori yang ada.

Contoh :
Bagaimanakah cara menulis 2° dalam cell, agar dianggap sebagai angka ?
Mengapa saya sebut sebagai angka ? Karena jika kita mengisi cell dengan 2°, maka saat dikalikan, dijumlah atau isi cell tersebut hasilnya akan error.
Lalu bagaimana caranya agar derajat tersebut tidak dianggap sebagai karakter ? Caranya adalah :

a. Masuk ke menu Insert - symbol
b. Pilih symbol (°), tekan enter
c. Block symbol tersebut, lalu copy atau Ctrl+C
d. Pindahkan kursor ke cell yang akan ditambahkan tanda symbol derajat.
e. Setelah terblock angka yang akan dirubah, tekan Ctrl+1 untuk masuk ke "Format Cell".

f. Pilih Number - Custom
Pada bagian type yang biasanya tertulis General, pindahkan kursor setelah General lalu isi " (double petik) dan tekan Ctrl+V untuk memasukan symbol ° lalu isi kembali dengan " (double petik). Sehingga pada kolom type akan menampilkan General"°"
g. Enter.
Kini symbol derajat akan tampil setelah angka.

Jadi dengan kata lain tanda " yang kita sisipkan maka akan diabaikan dalam suatu perhitungan.

Contoh lainnya :
Disaat kita memasukan angka untuk no telp seperti 6283812455678 akan dirubah menjadi 62838-3812-4556-78 maka anda dapat menggunakan custom category dengan memasukan :
0"-"0000"-"0000"."00. Dengan menggunakan format tersebut maka saat kita memasukan nomor telp, kita tidak perlu menambahkan tanda "-" pada saat awal kita memasukkan angka tersebut.

Itulah tips yang mungkin bisa anda gunakan jika akan merubah suatu cell, kolom atau baris sesuai dengan format yang anda inginkan.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.