Saturday, February 24, 2018

Membuat Nomor Bertingkat (Multilevel List)

Dalam membuat dokumen dengan format Microsoft Word kadang kita menggunakan penomoran untuk memberikan intisari dari suatu pembahasan. Hal ini biasanya diterapkan pada suatu dokumen yang menerangkan karakteristik, ciri-ciri, langkah-langkah atau bagian dalam penulisan suatu dokumen.
Jika dalam suatu dokumen terdapat beberapa kategori, maka apakah kita akan menerapkan nomor standar ataukah menggunakan format nomor bertingkat ?

Adapun format yang dapat digunakan dalam microsoft word adalah :
A. Nomor standar adalah format nomor yang hanya memiliki satu tingkat dengan bentuk Abjad, angka, atau angka romawi seperti :
1. .................
2. .................
3. .................

a. .................
b. .................
c. .................

I. .................
II. .................
III. .................

Untuk format nomor standar atau level 1 sepertinya setiap pembuat dokumen tidak terlalu sulit karena anda cukup mengetikan angka atau huruf sebagai penomoran.
Namun bagi pembaca yang belum mengetahui cara membuat atau memberikan nomor bertingkat maka terdapat dua pilihan yang dapat anda gunakan yaitu format yang telah tersedia, atau anda akan menggunakan format yang disesuaikan (campuran).

Dalam membuat nomor tersebut sebenarnya ada cara mudah dalam penerapannya yaitu dengan melakukan langkah-langkah berikut :



1. Buat nomor, tekan tombol spacebar, tekan tombol shortcut (Ctrl+Shift) + M, jika nomor dan kursor berpindah ke kanan.
2. Setelah selesai mengisi kalimat pada nomor awal, tekan enter yang akan menghasilkan angka selanjutnya. Lalu pindahkan kursor ke nomor kedua untuk mengisi kalimat.
3. Ulangi langkah ke 2 dan seterusnya agar menghasilkan nomor secara urut.

Misalkan anda telah membuat nomor 1 sampai dengan nomor 3, lalu anda membuat paragraf baru yang tidak bernomor dan anda akan memberikan nomor awal kembali biasanya akan menghasilkan nomor terakhir. Dimana angka yang seharusnya nomor 1, maka akan menghasilkan nomor 4. Untuk mengembalikan nomor 4 tersebut menjadi nomor 1 maka anda dapat menggunakan perintah : Alt+H + N + V (Set number Value) lalu rubah set value to menjadi angka 1.

B. Nomor bertingkat prinsipnya sama dengan langkah pembuatan nomor level 1. Hanya pada pembuatan nomor bertingkat ini ada langkah yang perlu anda lakukan untuk menghasilkan nomor bertingkat yaitu :
1. Buat nomor awal tekan spacebar lalu ketikan perintah : Alt+H + M, lalu pilih jenis nomor bertingkat yang ada sesuai dengan pilihan anda untuk menghasilkan angka level 1.
2. Untuk menghasilkan angka level 2 caranya adalah dengan menekan Alt+H + M + C. Anda dapat memilih angka level 2. Sebagai ilustrasi maka nomor bertingkat dapat dilihat di bawah ini :
1. Level 1
1.1. Level 2
1.1.1. Level 3
1.1.2. Level 3

Untuk mengatur atau mengkonfigurasi nomor tersebut anda dapat memanfaatkan : Change List Level, Define New Multilevel List dan Define New List Style... atau anda dapat menggunakan format painter.

Dengan demikian prinsip dalam menulis nomor pada microsoft word dapat dilakukan secara otomatis, sehingga nomor akan tetap sesuai dengan urutannya.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.