Fungsi MID pada Excel untuk Mengisi Form dengan Bantuan Vlookup


Selamat bertemu kembali dalam postingan saya yang pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai fungsi atau rumus excel dengan kategori text. Bagi mereka yang pernah mengunduh suatu form dan form tersebut berbentuk kotak kosong yang harus diisi dengan huruf satu persatu tentunya akan menjengkelkan menurut saya. Karena jika form tersebut hanya diisi untuk satu orang tentu tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika pengisian form tersebut untuk jumlah diatas sepuluh atau lebih. Tentunya hal tersebut akan banyak memakan waktu, dan ada kemungkinan terjadi kesalahan karena secara tidak langsung kita harus mengeja suku kata dari huruf-huruf yang telah kita input kedalam kolom-kolom kosong tersebut.

Untuk dapat menghemat waktu maka kita dapat dapat menggunakan bantuan rumus excel dengan kategori text yaitu MID. Bagi mereka yang mengenal rumus ini mungkin tidaklah terlalu sulit karena hanya permainan huruf ke 1, 2, 3 dan jumlah huruf yang akan diterapkan pada kolom tersebut.

Namun disini saya akan menggabungkan Fungsi MID tersebut dengan Data Validation, Table Array, dan Vlookup. Mengapa saya menggabungkan rumus-rumus tersebut ? apakah tidak akan menjadi lebih sulit ? Menurut saya mungkin hanya awalnya saja kita akan mengalami kesulitan karena kita harus mencoba apakah rumus tersebut telah benar diterapkan.

Sebelum menggabungkan rumus-rumus tersebut, anda dapat melihat gambar yang saya beri nama “MASTER DATA” dan “FORM”.

Pada Master Data terdapat No, Nama, Alamat1, Alamat2 dan No.Telp, dimana tabel tersebut akan kita isikan kedalam Form yang berbentuk kotak-kotak kosong. Jika anda perhatikan pada Master Data saya memberi 2 kolom tabel dengan nama Alamat1 dan Alamat2, karena pada Form bagian Alamat terdapat 2 baris dalam pengisiannya.

Cara Menggabungkan Fungsi MID dan VLOOKUP

Fungsi MID ini dapat digunakan untuk mengambih sebuah karakter tertentu dari sebuah cell yang ada di excel. Jadi kita dapat mengambil sebuah karakter dari suatu kata yang diawali dari huruf tertentu. Dan untuk Menggabungkan Fungsi MID dan Vlookup seperti pada tabel di atas, anda harus :
1. Membuat Data Validation yang ditunjukkan pada cell yang berwarna merah dengan angka 1.
2. Membuat Table Array yang berisikan data dalam master data dengan cara seperti yang pernah saya posting sebelumnya.
3. Membuat Vlookup sebagai eksperimen jika tabel array telah benar dibuat dengan cara menerapkan rumus vlookup di sembarang cell.

Sebagai contoh, tabel array saya beri nama “form1” dan untuk dapat menerapkannya pada rumus vlookup maka saya mengarahkannya ke cell data validation yang berada pada cell Z2 karena saya menerapkan data validation tersebut pada cell Z2. Agar cell dari data validation tersebut tidak berubah maka saya kunci cell tersebut dengan $Z$2 (tekan tombol F4).
Sehingga jika kita membuat rumus vlookup dengan $Z$2 berisi angka 1 maka :
=VLOOKUP($Z$2;form1;2) maka akan menghasilkan “AGUS”
=VLOOKUP($Z$2;form1;3) maka akan menghasilkan “JL.ARIA JIPANG NO.8”
=VLOOKUP($Z$2;form1;4) maka akan menghasilkan “CIREBON”
=VLOOKUP($Z$2;form1;5) maka akan menghasilkan “081221836786”
Setelah benar rumus Vlookup tersebut, maka anda dapat menggabungkannya dengan fungsi MID.

Fungsi MID disini pada dasarnya adalah mengambil huruf ke "..." dengan jumlah huruf yang diinginkan. Jadi jika dalam form tersebut berisi kotak kosong yang harus terisi dengan 1 huruf maka anda dapat menerapkan rumus :
=MID(cell,1,1) untuk huruf pertama, =MID(cell,2,1) untuk huruf kedua, =MID(cell,3,1) untuk huruf ketiga dan seterusnya. Sehingga jika akan kita gabungkan menjadi satu maka anda dapat menggunakan rumus pada bagian Nama :

=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);1;1) yang akan menghasilkan A
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);2;1) yang akan menghasilkan G
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);3;1) yang akan menghasilkan U
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);4;1) yang akan menghasilkan S

Jika berhasil maka anda dapat menerapkannya pada bagian Alamat1, Alamat2 dan No Telp, dimana saya asumsikan untuk pengisian rumus tersebut sesuai warna yang telah saya buat. Panduan tersebut dapat anda sesuaikan dengan cell atau tabel yang anda buat sendiri pada file kerja anda. Itulah Fungsi MID pada Excel Untuk Mengisi Form Kosong, yang dapat anda terapkan.

Baca Juga