Cara seting SMTP untuk Dua Email di Thunderbird


Dua hari yang lalu saya tidak dapat menerima email dari domain .co.id hingga akhirnya saya menghubungi Divisi IT tempat saya bekerja. Setelah ditanyakan ternyata saat itu sedang dilakukan proses perpanjangan domain dari kantor saya bekerja. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya Divisi IT menyatakan bahwa email sudah dapat dipergunakan. Namun saya diberi informasi bahwa untuk seting POP atau IMAP dan SMTP berubah yang sebelumnya .co.id menjadi .com
Perubahan tersebut menimbulkan pertanyaan mengapa seting harus berubah, sedangkan pihak perusahaan hanya melakukan perpanjangan kontraknya. Berhubung saat itu saya sedang memerlukan email yang dikirimkan kepada saya, maka sayapun langsung merubah seting server dengan panduan yang telah diberikan oleh divisi IT berupa seting manual mail client.


Program email yang saya gunakan adalah thunderbird, karena program ini menurut saya dapat digunakan untuk dua gmail dengan seting server yang sama. Akhirnya sayapun melakukan perubahan pada bagian incoming server dan outgoing server pada seting akun di thunderbird, dan akhirnya saya dapat menerima email. Namun disaat saya akan membalas email tersebut, saya diminta untuk mengisi password. Tetapi setelah saya mengisi password, email tidak dapat terkirim karena tetap meminta password hingga akhirnya muncul notifikasi "sending of message failed".

Setelah saya menghubungi pihak divisi IT, saya mendapat jawaban untuk menunggu karena sedang membuat ticketing sebagai salah satu syarat disaat mengajukan keluhan. Karena ketidaksabaran saya akhirnya saya masuk ke web penyedia hosting tersebut dan menghubungi customer sevice, hingga akhirnya saya diminta untuk melakukan perubahan seting server dari mulai seting port 465 menjadi 587 dan connection security dari SSL/TLS menjadi STARTTLS. Namun langkah diatas tidak dapat menyelesaikan masalah.

Setting Account email pada bagian Outgoing Server (SMTP) Thunderbird

1. Menghapus seting gmail sebelumnya
2. Pilih menu Add..
3. Pada Menu SMTP Server : masukan server name dengan smtp.googlemail.com
4. Rubah Connection Security dengan menggunakan SSL/TLS yang akan merubah Port menjadi 465
5. Pilih Authentication method dengan OAuth2. Pada langkah ini anda diminta untuk mengisi password dari gmail dan memverifikasinya untuk digunakan di thunderbird.
6. Isi Username dengan alamat gmail.
7. Pilih menu OK
8. Masih pada seting SMTP pilih menu Set Default pada seting SMTP gmail tersebut agar menjadi Default.
Setelah saya selesai menjalankan delapan langkah tersebut akhirnya email dapat terkirim.

Dari kejadian ini akhirnya saya mempunyai kesimpulan bahwa jika kita menggunakan beberapa email pada thunderbird dan seting outgoing server (SMTP) adalah sama dalam hal seting port, dan connection security maka kita dapat menggunakan salah satu seting server tersebut. Mungkin seting ini bisa saja berbeda jika anda memiliki dua email yang berbeda. Seperti jika anda memiliki email yang yahoo dan gmail yang akan disimpan di seting thunderbird, sebaiknya anda menggunakan dua seting yang berbeda yaitu gunakan seting pop untuk email yahoo dan IMAP untuk gmail. Dengan cara ini kemungkinan besar anda akan berhasil untuk menggunakan dua email tersebut dalam program thunderbird.

Namun jika tidak berhasil dalam pengertian alamat pengirim adalah sesuai dengan seting user dari outgoing server, maka anda harus melakukan seting email baru pada thunderbird anda. Misalkan pada penjelasan di atas anda menggunakan domain lain, maka setelah berhasil melakukan seting outgoing server terhadap domain tersebut, maka anda harus melakukan seting pada akun lainnya (misalkan gmail) agar mendapatkan konfigurasi yang tepat. Semoga pengalaman saya ini dapat membantu bagi anda yang mengalami hal yang sama.

Dan bila sekali waktu anda Lupa Password Outlook Express dan Thunderbird email yang telah tersimpan di Thunderbird Anda dapat menggunakan aplikasi untuk memulihkannya. Sehingga dengan cara tersebut anda tidak perlu melakukan reset password melalui penyedia email tersebut.

Baca Juga