TRANSLATE TO:

Saturday, January 27, 2018

Membandingkan Dua Isi Tabel Sheet di Excel

Dalam menggunakan lembar kerja di excel kadang kita harus membandingkan antara tabel yang berada pada masing-masing lembar kerja (sheet). Jika anda pernah membaca posting saya sebelumnya yaitu :
Fungsi Group Sheet pada Excel maka anda akan dapat memahami mengapa fungsi group tersebut cukup berguna bagi mereka yang sering membuat file kerja yang bersifat simultan.

Lalu bagaimana jika dokumen atau file yang ada tidak menggunakan fungsi group. Tentunya hasilnya harus kita bandingkan antara sheet yang satu dengan sheet yang lain baik kolom maupun baris. Oleh karena itu, solusi yang biasa saya gunakan adalah dengan menggunakan menu windows tile dari Microsoft Excel. Pada menu windows tile, pada umumnya banyak digunakan untuk menampilkan atau membanding dua file. Namun untuk artikel saya kali ini diterapkan pada isi dari sheet excel yang sudah ada dan berada dalam file yang sama sehingga pada judul file akan ada tambahan nama seperti yang ditunjukan pada anak panah berwarna biru, dengan nama Book1:3 dan Book1:2.
Untuk dapat membandingkan seperti pada gambar tersebut, berikut langkah yang dapat anda lakukan :
1. Buka file yang berisi beberapa sheet lalu pilih menu View - New Windows.
2. Masih pada bagian menu view, pilih Arrange All yang akan memberikan pilihan dalam bentuk tile, Horizontal, Vertical, Cascade.
Pada langkah ini jangan lupa untuk memilih Windows of active workbook. Karena yang akan kita bandingkan adalah isi dari sheet pada file yang sama lalu pilih OK.


Dengan langkah tersebut maka kita akan melihat, bahwa pada 2 sheet tersebut terdapat urutan yang tidak sama mulai dari no 7. Sehingga jika data tersebut mempunyai nilai yang akan diakumulasikan selama beberapa periode maka akan menghasilkan nilai yang tidak sesuai.

Sebagai catatan, cara ini digunakan jika data yang ada tidak lebih dari 50-100 dalam data urut. Namun jika data yang ada jumlahnya ratusan tentu anda harus gunakan cara lain yang lebih efektif. Dimana anda dapat menggunakan rumus if, dengan cara membandingkan antara sheet yang satu dengan sheet yang lain.
Demikian cara membandingkan 2 isi tabel di lembar kerja excel.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.