Wednesday, August 16, 2017

Setiap orang yang melakukan pembukaan rekening, sebenarnya mereka dapat mendaftarkan internet banking, mobile banking, atau sms banking sesuai dari masing-masing bank yang memiliki produk tersebut dengan melengkapi pengisian dalam form pembukaan rekening. Namun semua itu kembali lagi kepada nasabah sendiri apakah akan memanfaatkan fasilitas tersebut atau cukup hanya sekedar kartu debit yang mereka miliki. Sebenarnya dengan fasilitas tersebut dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun selama tersedianya koneksi internet atau pulsa. Nasabah yang mendaftarkan internet banking akan mendapatkan panduan secara umum dalam hal mengecek saldo, transfer antar sesame bank (inhouse transfer), atau transfer ke bank lain yang ada di wilayah Indonesia (domestik transfer).

Dalam menu internet banking bank mandiri terdapat beberapa menu yang biasanya sering digunakan oleh pihak nasabah.
1. Informasi Rekening : berisi mengenai rekening dari nasabah baik tabungan, giro, deposito dan kartu kredit. Disamping itu juga berisi mengenai mutasi rekening dari pemilik tabungan.
2. Transfer : merupakan menu aplikasi dari internet banking mandiri yang digunakan untuk melakukan transfer baik secara inhouse, domestik atau online.
3. Bayar dan Beli adalah menu yang digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap tiket, pajak, telp, listrik, kartu kredit, pembelian pulsa dan lain sebagainya. Dalam menu tergantung dari wilayah penyedia (rekanan bank mandiri).

Lalu bagaimana jika suatu saat anda ingin melakukan pembayaran / transfer dengan nilai yang sama untuk pihak lain, dimana pembayaran tersebut adalah suatu pembayaran secara rutin yang dijalankan oleh pengirim kepada pihak penerima. Untuk dapat melakukan hal tersebut anda masuk ke menu transfer dimana untuk saat ini bank mandiri baru dapat melakukan transfer terjadwal antar bank mandiri saja.

Cara melakukan transfer terjadwal internet banking Mandiri :

1. Login ke internet banking mandiri https://ib.bankmandiri.co.id 
2. Pada menu dibawah ini perhatikan gambar yang saya beri kotak.
 menu transfer terjadwal

pada pilihan transfer di atas terdapat tiga pilihan :
a. Transfer tanggal sekarang adalah transfer yang pada umumnya dilakukan dalam melakukan transfer.

b. Transfer terjadwal adalah transfer yang dilakukan untuk tanggal tertentu. Misalkan anda akan mentransfer seseorang dimana transfer harus diterima tanggal 15 Agustus sedangkan pada tanggal tersebut anda tidak memungkinkan untuk melakukan transfer. Dengan keadaan tersebut maka anda dapat menjalankan cara ini dimana anda melakukan transfer sebelum tanggal 15 Agustus namun anda menginstruksikan rekening akan didebet pada tanggal 15.

c. Berkala adalah perintah transfer yang akan dijalankan sesuai intruksi dalam rentang waktu hari, bulan dan tahun. Metoda transfer ini tepat untuk dijalankan jika anda memiliki kewajiban untuk membayarkan sejumlah uang secara periodik (misalkan pembayaran kursus, sekolah atau lainnya). Pada pilihan transfer ini anda dapat mengatur kapan rentang perintah mulai dijalankan hingga waktu tertentu agar transfer tidak dilakukan setelah jadwal terakhir dibuat.

Dengan mengetahui cara transfer terjadwal layanan internet banking mandiri maka akan dapat mempermudah kita, dan juga terhindar jika suatu saat bank tersebut sedang melakukan pemeliharaan dimana biasanya nasabah tidak bisa akses ke menu internet banking. Semoga dapat membantu bagi para pembaca semuanya.

ARTIKEL TERKAIT :

1 komentar:

Wah bermanfaat skali terimakasih

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar