Friday, August 25, 2017

Microsoft Word adalah sebuat aplikasi yang berfungsi untuk membuat surat, karya tulis (makalah atau skripsi) walaupun sebenarnya masih ada fungsi lain yang dapat digunakan dalam aplikasi Microsoft Word, misalnya diagram, tabel atau jika pengguna mahir dalam menjalankan aplikasi ini dapat membuat sebuah gambar / graphic dengan menggunakan fungsi shapes.

Disini saya akan memberikan membahas mengenai sebuah perintah dalam Microsoft Word yang kadang para pengguna Microsoft word mengabaikan perintah tersebut. perintah yang saya maksud adalah perintah yang berfungsi untuk menduplikasi format yang sudah ada. Maksud dari duplikasi ini adalah bukan dalam arti copy – paste, tetapi dalam hal format misalkan dalam hal format paragraf, ukuran huruf, format bullet, numbering, style, tabulasi dan lain sebagainya yang pointnya adalah untuk menyamakan format tulisan dengan format sebelumnya.

Dalam menggunakan fungsi tersebut tergantung dari tujuan yang akan kita gunakan. Berikut saya berikan contoh dalam menggunakan format painter dimana saya akan saya ilustrasikan di bawah ini. Anda dapat memperhatikan pada gambar bagian format paragraf dan format numbering dan bullet, terdapat 3 warna anak panah.
1. Panah warna biru merupakan format yang menjadi dasar acuan
2. Panah hijau adalah paragraf atau format numbering sebagai tujuan
3. Panah merah menunjukkan hasil yang dari penggunaan format painter

Format paragraph
Format painter yang digunakan pada paragraph berfungsi jika kita ingin menyamakan format sebuah paragraph dengan paragraph sebelumnya.

Cara menggunakan Format Painter pada Paragraf

1. Tempatkan cursor pada paragraph yang akan kita jadikan dasar sebagai duplikasi.
2. Pilih tombol format painter yang berada pada kelompok clipboard pada menu home
3. Arahkan pada paragraf yang akan kita samakan paragraf. Sehingga dapat di gambarkan langkahnya seperti di bawah ini
format painter untuk paragraph

Cara menggunakan Format Painter pada Format Numbering, Bullet

Penempatan format painter pada numbering, bullet, dan indent pada prinsipnya sama dengan yang saya jelaskan pada penempatan format painter untuk paragraph. Kegunaan dalam menggunakan format painter ini membantu kita untuk memberikan penomoran baik dalam format numbering, bullet atau multilevel number yang digunakan dalam penyusunan makalah atau skripsi. Dengan multilevel number ini berguna juga untuk membuat daftar isi dari dokumen tersebut.
Salah satu contoh penggunaan format painter untuk format numbering.


Lalu bagaimana jika dalam makalah atau skripsi kita ada beberapa paragraf atau format numbering yang perlu disamakan formatnya. Apakah perlu dilakukan satu persatu ? jawabannya tidak.
Anda cukup lakukan dari gambar di atas :
1. Tempatkan cursor pada paragraph yang akan kita jadikan dasar sebagai duplikasi yang diberi panah warna biru.
2. Pilih format painter
3. Tempatkan pada kalimat, paragraph yang disamakan dengan format sebelumnya.


Dengan mengetahui fungsi format painter ini semoga dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan dalam penulisan sebuah makalah atau skripsi.

ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar