Auto forward email


Setiap orang yang memiliki email dan menjadikan email tersebut sebagai media dalam berkomunikasi baik untuk kepentingan pendidikan, bisnis maupun sebagai sarana komunikasi lainnya kadang dihadapkan pada suatu masalah dimana kita tidak dapat menerima email dikarenakan inbox kita penuh.

Dengan keadaan tersebut maka kita harus menghapus beberapa email untuk membuat ruang penyimpanan emailyang kita terdaftar tidak penuh. Permasalahannya adalah bagaimana jika email yang kita miliki merupakan email sebagai referensi atau terkait dengan relasi bisnis anda. Oleh karena itu maka kita perlu membuat email baru atau email backup sebagai tempat untuk menampung semua email yang kita miliki agar sekali waktu dibutuhkan kita masih dapat mengambil informasi email tersebut.

Untuk dapat membuat email backup kita harus mencari penyedia akun email dengan kapasitas yang lebih besar dari akun email yang terdaftar sebelumnya. Pada kesempatan ini kita saya akan memberikan asumsi dimana saya memiliki email utama gmail dengan kapasitas 15GB yang akan dipindahkan secara otomatis kepada penyedia akun Yahoo yang memiliki kapasitas tanpa batas.


Cara auto forward email dari akun gmail ke yahoo secara otomatis :

1. Masuk ke akun gmail anda.
2. Pilih menu setting.
3. Pilih Forwarding and POP/IMAP.
4. Add a forwarding address.
5. Masukan alamat backup email (dalam hal ini saya asumsikan email backup adalah yahoo).
Selanjutnya akan muncul jendela baru untuk memproses.
6. email backup akan menerima notifikasi untuk mengkonfirmasi akan menerima dari email utama (gmail).
7. Konfirmasi email yang diterima oleh email backup (yahoo).
8. Masukan kode konfirmasi pada kolom verifikasi (verify gmail).
9. Setelah memverifikasi maka akan muncul email backup pada bagian forwarding di gmail.
10. Pada bagian forward a copy of incoming mail to yahoo - contoh : penerima@yahoo.com.
anda dapat mengatur apakah email yang diterima di gmail langsung dihapus ataukah tetap tersimpan di inbox. hal ini tergantung pada keinginan anda.
11. Simpan perubahan (save changes).

Dengan melakukan langkah tersebut di atas maka kita tetap akan memiliki email tanpa batas untuk akun gmail anda yang telah tersimpan di akun email yahoo. Cara ini bisa dilakukan jika anda memiliki beberapa akun gmail yang akan dipindahkan ke akun yahoo sebagai dokumentasi / email backup anda. Itulah langkah auto forward akun gmail ke yahoo, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga