Saturday, March 10, 2018

Sosial Media manakah untuk Bertanya

Pernahkah anda memiliki suatu pertanyaan, namun sulit mendapatkannya ? banyak yang mengatakan bahwa search saja di internet pasti akan mendapatkan jawabannya. Hal tersebut memang benar, namun menurut saya tidaklah sepenuhnya benar. Karena mereka yang membagikan posting rata-rata lebih mengutamakan trafik atau popularitas dari blog, website yang mereka miliki. Disaat kita meninggalkan komentar, maka tidak selamanya komentar atau pertanyaan yang mereka terima dapat langsung direspon. Hal ini disebabkan setiap komentar dan pertanyaan tidak dapat langsung terjawab, dikarenakan pemilik blog tidak melihat notifikasi atas komentar sehingga belum dapat merespon dari komentar atau pertanyaan yang diajukan.

Sosial Media manakah untuk Bertanya ?

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya selalu melihat sisi permasalahan yang saya hadapi. Jika pertanyaan tersebut berkisar pada pertanyaan umum, maka saya akan mencari terlebih dahulu di mesin telusur (search engine). Namun jika pertanyaan / permasalahan tidak didapat, saya akan langsung mengirim pesan.

Untuk dapat mengirim pesan tentunya, ada pertanyaan. Kemana saya harus bertanya ?

Berikut aplikasi sosial media yang perlu kita miliki.



1. Twitter
Twitter ini adalah sarana sosial media yang banyak dapat memberikan jawaban. Mengapa ? karena twitter berkumpulnya jutaan akun dari berbagai forum maupun akun personal.
Contohnya : jika anda ingin menanyakan terkait masalah perbankan dari salah satu bank, anda cukup ikuti akun resmi dari bank tersebut.
Lalu bagaimana cara menemukan / mengetahui akun resminya ? anda cukup lakukan di mesin telusur (search engine) atau dapat mencarinya langsung di kolom pencarian twitter. Jika akun reami tersebut menganggap pertanyaan tersebut bersifat pribadi, maka mereka akan melakukan direct massage kepada anda atau sebaliknya.
Saya jamin setelah bertanya, anda pasti mendapatkan jawabannya.

2. Google Plus
Google plus ini dapat juga dijadikan alternatif bagi anda. Namun pada aplikasi Google plus ini anda harus menemukan komunitas yang tepat untuk mendapatkan jawabannya. Dan sebelum anda mengikuti suatu komunitas dalan google plus ini, anda harus melihat dari profil komunitas tersebut. Ikuti peraturan yang telah ditetapkan agar anda bisa mendapatkan jawaban yang tepat.
Karena pada umumnya google plus adalah sebagian besar pemiiliknya adalah perorangan. Sehingga anda perlu melihat dari komunitas tersebut atau thread yang ada. Apakah banyak komentar dalam suatu topik tertentu. Jika banyak komentar, anda dapat mengikuti komunitas tersebut untuk bertanya atau belajar di dalamnya.
Oleh karena itu anda perlu mengenal lebih jauh dalam menggunakan google plus. Karena google plus dapat melakukan private share dalam arti sama seperti direct massage pada twitter.




3. Kaskus
Kaskus adalah suatu forum yang cukup besar, dimana didalamnya terdapat kategori yang bisa anda ikuti untuk berpartisipasi atau mengajukan permasalahan atau pertanyaan anda. Untuk forum ini jika kategori kurang tepat, biasanya kurang mendapatkan respon atas thread yang kita buat.

Dengan demikian anda dapat mencoba ketiga sosial media tersebut. Dan menurut saya, sosial media yang dapat dijadikan pertimbangan adalah twitter. Mungkin bagi pembaca sekalian ada yang lebih memilih sosial media di luar ketigannya, itu adalah pilihan anda dan sesuai dengan pengalaman anda pribadi. Namun pada intinya adalah gunakan sosial media dengan bijak. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link.
Anda dapat menemukan artikel lainnya pada : Menu blog - sitemap.
Terima kasih atas kunjungannya.