Beberapa Hal yang Perlu diketahui Membuat File CSV



Cara convert excel ke csv dengan comma delimited


Ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti :
1. Format kolom yang akan digunakan.
Biasanya setiap aplikasi yang menyediakan fungsi uploader, biasanya mempunyai format file dalam bentuk excel yang nantinya dapat disimpan dalam format csv.

2. Berapa maksimal karakter dalam suatu kolom. Maksudnya saat anda akan mengisi kolom dari format yang ada, anda harus mengetahui berapa jumlah karakter maksimal agar data valid. Anda dapat menggunakan fungsi / rumus len untuk menghitung jumlah karakter.

3. Jika data yang diinput ke dalam format excel dan dalam bentuk angka yang diawali dengan nilai 0 maka gunakan tanda baca petik (').

4. Regional setting dari system komputer yang sedang anda gunakan. (Indonesia atau United States).

Karena regional ini akan mempengaruhi dalam hal tanda batas setiap data yang ada yang biasanya ditandai dengan "koma" untuk regional setting United States dan "titik koma" untuk regional setting Indonesia. Sehingga kita harus mengetahui aplikasi uploadernya menggunakan format regional yang mana.

5. Setelah file csv terbentuk buka terlebih dahulu file csv tersebut. Perhatikan baris paling akhir pada text di dalamnya. Jika terdapat tanda "koma" atau "titik koma" yang berurut ke bawah tanpa disertai dengan data pada baris akhir, hapus tanda baca tersebut.

File csv ini biasanya digunakan untuk menampung beberapa data dengan format text yang akan digunakan untuk diupload ke dalam uploader seperti :
1. Transaksi pembayaran melalui internet banking yang biasa dikenal dengan bulk transfer. Sehingga dengan cara ini maka transfer tidak perlu dilakukan satu persatu. Karena semua data sudah terkumpul pada file csv tersebut.
2. File csv yang digunakan untuk pelaporan data perpajakan, dengan cara mengupload file csv yang telah dibuat dengan format yang ada.
3. Mengupload file csv ke data kontak smartphone, kontak email.
4. Menggabungkan beberapa sheet excel menjadi satu sheet dengan syarat memiliki format yang sama. Cara ini biasanya dengan menggunakan perintah command prompt (DOS).

File csv banyak digunakan sebagai file yang cukup efektif karena file tersebut mempunyai ukuran yang kecil karena formatnya berubah menjadi text dan terhindar dari serangan virus.
Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam membuat file CSV.

Baca Juga