Thursday, October 5, 2017

Transaksi Valas Commonwealth melalui Internet Banking

Bagi pemilik rekening bank dalam bentuk mata uang asing atau sering dikenal dengan istilah valas, tentunya dapat melakukan penjualan valas ke dalam mata uang IDR (rupiah).
Untuk melakukan hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank yang ada di Indonesia. Jika anda melakukan transaksi via counter / loket dari bank tentu anda cukup mengisi nilai valas yang akan anda jual untuk di konversi ke nilai IDR. Pada transaksi dengan cara ini maka nilai valas akan mengikuti kurs dari counter bank yang bersangkutan, sehingga jika nilai kurs valas kecil maka nilai IDR pun akan kecil. Agar mendapatkan nilai kurs tinggi anda dapat melakukan deal terlebih dahulu dengan pihak bank.
Untuk mereka yang memiliki fasilitas internet banking mempunyai kemudahan tanpa harus mendatangi bank. Oleh karena itu disini saya akan memberikan langkah-langkah jika anda kebetulan memiliki rekening commonwealth bank dalam bentuk valas.
Sebagaimana yang saya ketahui bahwa untuk perlakukan transaksi ini (jual valas melalui internet banking) pada rekening commonwealth, ada beberapa kolom (field) yang harus diisi.




Agar transaksi tersebut tidak perlu melampirkan dokumen tertulis, maka anda harus mengisi tujuan dari transaksi jual valas tersebut. Hal ini karena mengacu pada kebijakan Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas peredaran mata uang asing. ok

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan yaitu Login terlebih dahulu ke internet banking commonwealth (https://combank.co.id) dan pilih jenis rekening (personal / perusahaan) kemudian pilih transfer
pada menu my bank account transfer seperti pada gambar berikut :


1.Masukan sumber rekening (valas)
2.Masukan rekening tujuan
3.Masukan jumlah transfer (dalam hal ini jika anda akan melakukan jualvalas maka yang diisi adalah nilai valasnya.
4. Centang deal code
5. Masukan kode deal yang didapat dari bank.
Lalu Pilih go / lanjut. Pada bagian ini anda akan diarahkan pada menu windows lain yang menginformasikan deal code anda.
6. Isi narative atau keterangan atas transaksi tersebut
7. Pada bagian ini tujuan transaksi ini anda harus mengikuti sesuai yang tampil pada gambar tersebut. 8. Pada bagian ini juga anda ikuti sesuai yang di gambar
Dari no 7 dan 8 ini adalah bagian penting, karena agar transaksi valas anda tanpa perlu melampirkan dokumen pendukung (underlying dokumen).
9. Initiate.
Selanjutnya anda tinggal approve / konfirmasi, dan transaksi akan di debet esok hari. Karena untuk transaksi pada commonwealth khususnya valas tidak dapat langsung terdebet di hari yang sama.

Demikian cara melakukan transaksi valas commonwelath melalui internet banking.

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.