Saturday, October 7, 2017

Menghitung selisih waktu pada microsoft excel (datedif)

Sudah berapa lama ya piutang yang belum terbayar ? atau kapan ya jatuh tempo pembayaran atas pembelian bahan baku ?



Itu mungkin pertanyaan yang biasa diucapkan oleh wirausaha / pengusaha kepada karyawannya.
Dari pertanyaan tersebut untuk jangka waktu pendek mungkin masih dapat kita hitung secara manual. Dan bagi pihak pembeli yang mempunyai kebutuhan bahan baku / persediaan barang yang harus selalu ada, tentunya pembeli akan melakukan pembayaran tepat waktu. Karena pihak penjual tidak akan menjual barang sebelum pembeli melunasi hutangnya.
Bagi penjual yang melakukan penjualan dengan cara angsuran maka akan timbul piutang. Jika timbul piutang tentu harus mengingatkan kepada pembeli mengenai waktu jatuh tempo. Dengan cara ini maka kita dapat mengetahui profil dari pembeli / konsumen. Sehingga dilain waktu jika pembeli melakukan transaksi pembelian kita dapat mengetahui historis dari pembayarannya, apakah lancar atau tidak.
Untuk mengetahui sudah berapa lama piutang yang belum terbayar, dapat kita gunakan datedif. Rumus ini untuk  menentukan jangka waktu atau periode yang sudah berjalan.

Untuk mengetahui cara menggunakannya bagi yang belum mengetahuinya dapat dilihat pada tabel. Tabel 1 saya asumsikan jika kita memiliki piutang dan ingin mengetahui sudah berapa lama piutang tersebut belum terbayar.
Langkah untuk memulainya :
1. Tentukan waktu saat ini dengan menggunakan rumus =today ().
2. Tentukan tanggal awal (tanggal penjualan) dalam hal ini dapat dilihat mulai cell B7 sampai dengan B11.
3. Untuk mengetahui periode atau jangka waktu yang telah berjalan saya membagi kedalam 3 waktu yaitu hari, bulan dan tahun.

Untuk langkah ini anda dapat memasukan rumus =datedif(B7; $I$3;"D"). Fungsi symbol $ ini untuk mengunci cell jika rumus tersebut akan dicopy ke bawah. Dan untuk "D" adalah dalam menentukan hasil dalam periode hari. Untuk menentukan dalam periode bulan anda dapat mengganti "M". Sedangkan untuk menentukan dalam periode tahun anda dapat menggantinya menjadi "Y". Jika anda mencoba dan bertanya  mengapa hasil yang didapat ada kata hari, bulan dan tahun, itu adalah merupakan format cell yang saya gunakan. Caranya adalah pindahkan cursor ke hasil yang akan ditambahkan kata hari, bulan atau tahun, kemudian masuk ke format cell -  pada kolom type anda tambahkan tanda petik, sehingga akan menjadi General "hari" atau General "Bln" atau General "Thn".

Fungsi datedif juga bisa digunakan untuk menghitung masa kerja seperti yang ada pada tabel kedua. Demikian cara menghitung selisih waktu pada microsoft excel dengan menggunakan fungsi datedif.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.