Wednesday, October 11, 2017

Cara cepat mengganti nama file

Untuk pengguna komputer yang berbasis system operasi windows tentu tidak asing dengan aplikasi default bawaan dari microsoft yang untuk menampilkan file atau folder yang bernama windows explorer. Pada aplikasi windows explorer terdapat beberapa fungsi baik untuk menampilkan file berdasarkan nama file, waktu, ukuran file atau  jenis file.
Permasalahannya adalah bagaimana jika kita memiliki file dengan jumlah yang cukup banyak dan ingin mengganti atau menambahkan nama file tersebut. Biasanya masalah ini terjadi untuk file dengan jenis gambar atau file dengan jenis audio. Apakah kita harus merubah satu persatu ? tentu hal ini akan banyak memerlukan banyak waktu.




Dengan keadaan tersebut kita dapat menggunakan bantuan aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Aplikasi yang dapat kita gunakan adalah Bulk rename utility. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat mengganti nama file dengan cepat.
Berikut adalah capture dari aplikasi bulk rename utility, dimana yang biasa saya gunakan dengan melihat nomor yang ada pada capture tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut anda harus masuk ke dalam folder yang akan menampilkan file yang akan kita ubah. Setelah masuk ke dalam folder maka kita harus memilih file yang akan kita ubah dengan bantuan ctrl + mouse select.
Berikut fungsi yang biasa saya gunakan
Nomor 1 - remove.
Berfungsi untuk menghapus karakter atau huruf awal

Nomor 2 - remove.
Fungsinya sama dengan nomor 1 hanya huruf yang akan dihapus dimulai dari urutan terakhir.

Nomor 3 - Add
Pada fungsi ini saya menggunakan prefix dan suffix. Prefix berfungsi untuk menambahkan huruf / kata pada awal sedangkan suffix penempatannya pada akhir.

Nomor 4 - Autodate
Berfungsi jika kita akan mengubah tanggal dari file tersebut. Untuk fungsi ini saya tidak pernah menggunakan karena tidak ingin merubah waktu aslinya.

Nomor 5 - Numbering
Berfungsi untuk melakukan penomoran dari file tersebut.
Anda cukup mengganti angka pada kolom start sesuai nomor yang akan dimulai anda ganti.

Untuk fungsi lainnya anda dapat bereksperimen sendiri. Dan jangan lupa setelah melakukan seting dari menu-menu diatas, langkah akhir adalah dengan memilih tombol rename sebagai langkah eksekusi.
Demikian cara cepat mengganti nama file dengan bulk rename utility.

2 komentar:

  1. Boleh juga nih gan, ga ribet kan kalo bisa langsung banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung banyak kok, tinggal anda pilih file mana aja yang akan anda akan rubah. Dan bisa bereksperimen dengan menu yang ada.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.