Tuesday, May 15, 2018


Bank mandiri memiliki berbagai macam produk layanan untuk melakukan transaksi rekening nasabahnya. Dimana produk layanan yang ditawarkan adalah mulai sms banking, mobile banking, internet banking personal, Mandiri Internet Bisnis dan Mandiri Corporate Management. Dari produk-produk tersebut, penerapannya diseauaikan dengan jenis nasabahnya. Dimana terbagi kedalam 2 kelompok :
1. Personal
2. Perusahaan.

Untuk personal mencakup pada sms banking, mobile banking mandiri, dan internet banking mandiri. Sedangkan untuk jenis perusahaan produk yang ditawarkan oleh bank mandiri adalah Mandiri Internet Bisnis dan Mandiri Corporate Management.

Kali ini yang akan saya bahas adalah Mandiri Internet Bisnis atau yang dikenal dengan nama MIB.
Mandiri Internet Bisnis sebenarnya secara fungsinya tidak terlalu berbeda dengan mandiri internet banking. Hanya perbedaannya terletak pada saat menjalankan transfer rekening :

1. Pada Mandiri Internet Bisnis, dapat dibuat dua tingkat pengguna.
Yang dimaksud tingkat pengguna ini adalah maker dan approval. Sehingga setiap transaksi harus diproses oleh dua user.
Namun jika kita menginginkan hanya satu user, maka dapat dilakukan. Tetapi proses eksekusi tetap harus dijalankan dua kali oleh user tersebut untuk melakukan eksekusi.

2. Harus dibuatkan daftar penerima.
Artinya disini, Mandiri Internet tidak dapat langsung memasukan referensi penerima saat akan menjalankan transfer. Dengan demikian harus dibuat atau memasukkan terlebih dahulu daftar penerima rekening ke dalam Mandiri Internet Bisnis. Mungkin bagi pembaca yang memiliki Klik BCA, akan paham prinsip ini.

Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk membuat daftar penerima Mandiri Internet Bisnis caranya :
a. Login ke Mandiri Internet Bisnis melalui url : https://mib.bankmandiri.co.id
b. Masuk ke menu Transfer pada bagian kiri.
c. Masuk ke menu Penerima Khusus yang ditunjukkan dengan panah berwarna biru :

Dari menu-menu tersebut, pada bagian kanan terdapat tiga pilihan yaitu :
c.1 Antar Rekening Mandiri adalah pihak penerima yang memiliki rekening Bank Mandiri atau kadang dikenal dengan istilah inhouse transfer. Pada penerima khusus antar rekening Mandiri ini ditunjukan denan panah berwarna merah, dimana langkah setelah anda memilih tambah pada panah berwarna hitam, masukan rekening mandiri sebagai rekening tujuan (penerima).

c.2 Antar Bank Domestik adalah penerima rekening dimana rekening yang dimiliki oleh penerima adalah selain Bank Mandiri atau disebut dengan istilah bank domestik. Untuk memasukan rekening Bank Domestik yang ditunjukan ditunjukan pada panah hijau, anda perlu memasukan isian kolom :
- Nama Unik : Nama ini tidak harus sama dengan nama sebenarnya, jadi hanya untuk mempermudah dalam pencarian daftar penerima rekening atau sebagai pengingat.
- Informasi Tujuan Rekening : Pada bagian ini, masukan infomasi yang sesuai dengan nomor rekening, pemilik rekening dan jenis penerima. Data ini harus benar-benar sesuai, agar tidak terjadi penolakan atau retur karena kesalahan infomasi.
- Kode Bank : Pilih bagian ini sesuai dari kode bank dari rekening domestik penerima.
- Notifikasi Penerima : Pada bagian ini anda memasukan alamat email, dengan tujuan agar saat transaksi berhasil maka notifikasi akan terkirim pada email yang telah dimasukkan ke dalam informasi tersebut.

c.3 Bank Luar Negeri adalah penerima rekening yang akan dimasukan ke dalam penerima khusus, dimana rekening penerima berada di luar negeri. Sehingga mata uang yang akan dikirimkan adalah selain mata uang IDR (rupiah). Untuk memasukan rekening Bank Luar Negeri ini sebenarnya hampir sama seperti Antar Bank Domestik. Namun sebaiknya kita harus benar-benar mempunyai informasi yang akurat agar dana yang dikirimkan dapat diterima oleh penerima.
Untuk memasukan penerima khusus Bank Luar Negeri :
- Nama Unik, Nomor Rekening, Pemilik Rekening dalam hal pengisiannya sama dengan Antar Bank Domestik. Dalam arti harus sesuai dengan informasi yang kita dapatkan.
- Alamat : Pada bagian ini sebaiknya isikan alamat lengkap dari pihak penerima, termasuk postal code jika ada.
- Informsi Bank Penerima adalah bisa didapatkan dengan informasi Swift Code dari bank tersebut. Pada bagian Swift Code kadang apa yang diberikan referensi penerimanya tidak sama dengan swift code yang tercantum dalam daftar Mandiri Internet Bisnis. Jika terdapat perbedaan kode Swift Code, sebaiknya konfirmasi kembali kepada Penerima Rekening Luar Negeri. Namun jika memang ternyata dari daftar swift code yang terdapat pada Mandiri Internet Bisnis ini tidak ada, maka anda dapat memilih swift code dengan diakhiri XXX. Contoh : anda memiliki informasi swift code ABNAUS4CFX4 dan ternyata pada daftar terdapat ABNAUS4CXXX. Maka anda dapat memilih ABNAUS4CXXX, karena swift code tersebut dapat dianggap sebagai kantor pusat dari bank tersebut.

Setelah anda mengisi infomasi tersebut, anda dapat memilih simpan atau simpan dan tambah jika akan memasukan daftar penerima khusus lainnya.

d. Setelah lakukan proses diatas anda dapat melakukan approve. Hal ini dapat anda temukan pada halaman utama pada teks Verifikasi pada bagian kanan Mandiri Internet Bisnis. Lakukan proses Approve melalui token yang anda miliki.

Setelah anda memasukan referensi penerima, barulah anda dapat menjalankan transfer pada Mandiri Internet Bisnis.

Langkah yang dapat anda lakukan dalam menggunakan Mandiri Internet Bisnis :


Contoh transaksi transfer dengan rekening tujuan Antar Mandiri
1. Login dengan user maker (jika terdapat dua user baik maker atau approval)
2. Pilih Transfer - Pilih kembali Transfer Antar rekening Mandiri
3. Pastikan nomor rekening adalah sesuai dengan sumber nomor rekening perusahaan. Hal ini bisa saja terdapat dua atau lebih nomor rekening perusahaan, karena tergantung dari perusahaan tersebut mendaftarkan nomor rekeningnya ke Mandir Internet Bisnis.
4. Lintas Mata Uang : Pilih tidak jika anda akan melakukan transfer dengan jenis mata uang yang sama (IDR)
5. Jumlah : masukan nilai nominal yang akan di transfer
6. Pilih Daftar Tujuan Transfer yang ditunjukkan dengan icon pencarian. Saat anda memilih icon tersebut, Mandiri Internet Bisnis akan menampilkan daftar-daftar rekening yang telah anda buat sebelumnya.
7. Masukan Deskripsi tidak lebih dari 20 karakter. Jika memiliki lebih dari 20 karakter, anda dapat menambahkannya pada bagian Penjelasan Detail Transaksi.
8. Waktu Pelaksanaan : Pada bagian ini anda dapat menyesuaikan waktu transfer. Dalam arti jika anda akan mentransfer agar dibayarkan esok hari, maka anda dapat memasukan tanggal dan sesi waktu yang ada dalam menu tersebut. Namun jika tidak anda cukup memilih waktu "sekarang".
7. Notifikasi : pada bagian ini jika sebelumnya saat menginput penerima khusus dengan memasukkan notifikasi, maka akan secara otomatis alamat email akan terisi saat anda memilih daftar penerima rekening.

Setelah mengisi informasi transfer, maka anda dapat melanjutkan dengan memilih konfirmasi pada bagian pojok kanan bawah. Lakukan langkah-langkah ini kembali jika akan melakukan transfer kepada penerima yang lain. Sehingga pihak maker dapat menginput semua daftar transfer, dan tanpa harus menunggu transaksi tersebut di eksekusi oleh pihak approval.
Untuk melakukan verifikasi transfer yang dijalankan oleh pihak approval, pihak approval dapat melihat daftar tugas yang terpending pada bagian "Verifikasi". Untuk Appove ini cukup memilih daftar tugas yang ada dalam daftar, lalu memasukkan angka yang tercantum pada bagian bawah kedalam token Mandiri Internet Bisnis.

Jika berhasil maka anda akan mendapat notifikasi juga melalui email, jika Mandiri Internet Bisnis anda telah dihubungkan ke email saat melakukan pendaftaran Mandiri Internet Bisnis


ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar