Cek Kartu E-toll Mandiri dengan Android


Berawal dari pertanyaan rekan kerja yang baru mengikuti sosialisasi terkait transaksi perbankan yang diadakan oleh bank mandiri, dimana para peserta yang telah mengikuti sosialisasi tersebut mendapatkan souvenir berupa kartu e-toll mandiri.
Dan dari souvenir yang didapat tersebut, dia bertanya berapakah ya isi kartu e-toll Mandiri ini. Spontanitas saya menjawab cek aja melalui internet banking mandiri. Lalu teman saya menjawab saya kalau rekening mandiri yang dia miliki tidak terdaftar pada layanan internet banking mandiri. Akhirnya saya mengatakan untuk melakukan cek saldo kartu e-toll mandiri tersebut dengan menggunakan aplikasi android yang bernama e-money.

Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda harus mengecek terlebih dahulu apakah android yang anda miliki mempunyai fitur NFC (Near Field Communication) yaitu suatu fitur untuk membuat suatu komunikasi antara dua perangkat dengan cara mendekatkan kedua perangkat tersebut.
Jika android / gadget anda memiliki fitur tersebut, anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan menginstall aplikasi emoney.

Cek Saldo Kartu e Toll Mandiri

1. Aktifkan NFC reader anda dengan cara masuk ke setting - NFC (ada pada bagian connect and share) - on

2. Buka aplikasi e-money yang telah diunduh dari playstore.

3. Tempelkan bagian belakang kartu e-toll mandiri anda ke bagian belakang HP android anda hingga muncul nilai saldo pada layar android anda.
Jika anda ingin melakukan pengisian saldo kartu e-toll mandiri melalui internet banking atau ATM dengan menu e money, anda harus melakukan update saldo kartu e-toll anda dengan menempelkan kartu e toll mandiri anda pada bagian nfc reader di mesin atm mandiri.

Dan jika anda ingin melakukan isi ulang kartu e money dari mandiri atau top up saldo setelah melakukan isi ulang dengan smartphone anda yang telah mendukung nfc reader, maka anda dapat menginstall aplikasi dari google play yang bernama :
Mandiri e money isi ulang

Untuk menggunakannya sama seperti anda akan mengecek saldo kartu e-toll anda, yaitu cukup tempelkan kartu pada smartphone anda. Tunggu beberapa saat, maka akan menampilkan saldo sebelumnya dan saldo baru. Jadi jika anda memang memiliki rekening bank mandiri, aplikasi ini bisa dijadikan rekomendasi untuk melakukan cek saldo maupun isi ulang Kartu e-toll Mandiri. Dan untuk saat ini anda dapat juga melakukan top up kartu e toll Mandiri dan cek saldo kartu e toll mandiri, dengan menggunakan Mandiri Online

Demikian cara ini cukup efektif jika anda tidak menyimpan bukti transaksi kartu e-toll mandiri setelah digunakan. Dan untuk mengecek beberapa tagihan lainnya, anda dapat menggunakan Aplikasi Tagihan yang menurut saya dapat membantu anda.

Baca Juga