Friday, May 11, 2018


Para pengguna microsoft excel dengan tingkat penggunaan menengah pasti mengenal apa itu freeze dan apa itu page setup. Sebenarnya artikel ini saya tujukan yang baru mengenal microsoft excel. Karena walau saat ini banyak yang telah memiliki laptop namun pada kenyataannya laptop lebih banyak digunakan untuk bermain game atau browsing dalam kesehariannya.

Yang perlu dipahami persamaan dan perbedaan dari windows freeze dan print titles pada microsoft excel.


Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, dimana ingin menampilkan informasi dalam hal informasi header dalam suatu tabel. Hanya penerapannya yang berbeda, dimana windows freeze berfungsi untuk mengunci header agar tetap berada pada posisinya. Sehingga saat horizontal maupun vertikal bar digeser, kita tidak dibingungkan atas data yang ada. Terlebih lagi jika data yang disajikan melebihi layar monitor anda. Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk memfreeze table:
1. Saya asumsikan dimana saya memiliki data seperti dibawah ini :
Jika saya geser horizontal bar maka kita dapat melihat deretan angka-angka saja tanpa mengetahui angka tersebut untuk informasi yang mana seperti pada panah warna hijau. Sehingga agar dapat tetap mendapatkan informasi terkait angka-angka tersebut, kita harus menguncinya.

2. Tempatkan kursor anda di area cell yang saya tunjukkan dengan dengan panah warna kuning, jika infomasi yang ingin disajikan adalah agar kolom NIK tetap berada pada tempatnya.

3. Masuk ke menu View - Freeze Panes - freeze panes yang dapat dilihat pada gambar :
maka saat horizontal bar di geser ke kanan, kita tetap mendapatkan informasi yang ada. Dan untuk mengembalikan posisi seperti semula, tempatkan kembali kursor anda di cell (panah warna kuning) saat akan melakukan freeze. Selanjutnya masuk ke menu View - Freeze Panes - unfreeze Panes, maka seting freeze akan hilang.

Begitu juga halnya dengan print titles pada microsoft excel. Prinsipnya sama dengan freeze, hanya fungsi ini dipergunakan saat akan mencetak lembar kerja. Dimana saat kita mempunyai lembar kerja yang memiliki 2 halaman atau lebih, saat anda mencetaknya tabel header anda hilang. Sehingga saat si penerima berkas melihat halaman kedua maka harus membuka halaman sebelumnya untuk melihat judul dari header tabel tersebut.

Agar mempermudah si pembaca membaca lembar kerja yang telah dicetak maka gunakan print titles untuk mempermudah si pembaca dalam membaca lembar kerja. Adapun langkahnya adalah :


1. Print preview berkas file anda terlebih dahulu barangkali anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan fit atau prosentase dari lembar kerja. Namun jika saat dicetak, hasil cetakan terlalu kecil yang membuat penerima berkas tidak nyaman saat membacanya; anda dapat melakukan langkah selanjutnya.
2. Close terlebih dahulu saat layar anda berada pada posisi print preview.
3. Masuk ke menu page layout - lalu pilih page setup.
4. Pilih Sheet pada menu page setup. Lalu pilih bagian print title dimana, pada bagian ini ada dua pilihan yaitu : Row to repeat at top dan Colomns to repeat at left seperti pada gambar di bawah ini :

5. Jika anda akan mencetak header maka pilih bagian panah merah yang berada pada Rows to repeat at top lalu tempatkan kursor pada angka satu yang seperti pada gambar di bawah ini :
maka area yang saya beri garis merah akan terkunci. Sehingga judul dari masing-masing kolom bagian atas akan terbawa saat tercetak pada halaman 2 dan selanjutnya. Dan pada rows to repeat at top akan berisi $1:$1.
Dan jika anda akan memasukan kolom NIK pada colomn B maka arahkan kursor pada bagian B pada bagian print titles untuk colomns to repeat at left, sehingga akan menghasilkan $B:$B.

6. Untuk melihat tampilannya anda dapat memilih Print preview. Jika benar anda dapat melanjutkan dengan memilih OK.
Selanjutnya anda dapat melakukan cetak lembat kerja tersebut. Demikian persamaan frees panes dan print titles pada Microsoft Excel.


ARTIKEL TERKAIT :

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar