Sunday, November 26, 2017


Email saat ini sudah merupakan suatu hal yang tidak asing bagi masyarakat saat ini. Karena sekarang semua dapat dilakukan dengan hanya mengirimkan lampiran baik dalam bentuk image, dokumen bahkan file lain yang berbentuk aplikasi.
Permasalahannya semakin banyak kita berselancar di dunia maya dan kita mengisi alamat email kita sebagai notifikasi akan selalu menerima email (subscribe) maka inbox kita akan semakin banyak recordnya.
Dengan keadaan lain, anda memiliki banyak kontak email, pengguna sosial media atau bergabung pada suatu forum; maka inbox anda pun akan dibanjiri oleh email yang dikirimkan kepada anda.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan 2 pilihan yaitu :
1. Jika anda menganggap bahwa email yang diterima dianggap mengganggu anda, maka anda dapat :
Memblokir email yang tidak diingikan


Atau
2. Menggunakan pilihan lain yaitu dengan cara

membuat label pada inbox

anda. Dengan cara ini maka anda akan mengelompokan email yang anda terima kepada beberapa label pada email. Sehingga setiap email yang anda terima dapat langsung terkelompok pada setiap labelnya.
Pada pembuatan label ini anda dapat mengkategorikannya baik dalam hal pengirim, subject, jenis email. Biasanya saya lebih menyukai dengan mengkategorikan berdasarkan pengirim email yang dianggap penting. Sehingga jika saya dalam kurun waktu yang cukup lama tidak cek email, maka saya cukup masuk kepada label yang sudah saya buat tersebut.
Untuk membuat label berikut langkah yang perlu anda lakukan :
1. Login ke gmail anda
2. Pilih seting
3. Pilih menu label
4. Isi kotak create label - create.
Setelah anda selesai membuat label, langkah selanjutanya anda memfilter email yang akan dihubungkan ke label email tersebut.
5. Masih dalam menu seting, pilih filter - create new filter
6. Pada menu create a filter anda dapat memilih berdasarkan email yang akan di filter, misalkan berdasarkan pengirim, penerima, subject, kata unik atau hal lainnya.
7. Jika telah mengisi kolom filter lakukan test search terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya. Jika hasil email yang ditunjukkan pada layar telah sesuai, lanjutkan dengan langkah selanjutnya.
8. Pada tahap selanjutnya akan ada beberapa pilihan untuk memfilter yaitu :
a. skip inbox
b. start it
c. apply to label (pada bagian ini pilih label yang sudah anda buat)
d. forward it to (email)
e. delete it
f. also apply filter to .... conversation bellow
Pada tahap ke 8 tersebut pilihlah a, c, f
9. Pilih create filter
10.Selesai.
Dari langkah-langkah tersebut maka akan menghasilkan seperti pada gambar berikut. Disamping itu anda juga dapat melakukan auto forward dengan merubah pada bagian 8.(d), atau untuk lebih jelasnya anda dapat membaca :

Auto Forward Email

Demikian cara membuat label email pada akun gmail.



ARTIKEL TERKAIT :

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar