Sunday, November 19, 2017



Untuk saat ini banyak aplikasi baik komputer maupun gadget yang berbasis internet, dimana kini orang dapat dengan mudah menggunakannya. Dengan kemudahan tersebut setiap orang dapat mengerjakan pekerjaan tanpa berada ditempat kerjanya. Yang saya maksudkan disini adalah aplikasi untuk meremote suatu perangkat untuk jarak jauh. Dalam hal ini saya mencoba membagikan informasi remote desktop yang berbasis system windows. Sebenarnya aplikasi yang dapat mengontrol desktop pc jarak jauh saat ini sudah banyak tersedia. Baik bawaan dari windows sendiri atau aplikasi pihak ketiga.
Aplikasi remote desktop tersebut cocok bagi mereka yang mempunyai jasa dalam bidang software atau mereka yang bekerja dengan mobilitas tinggi. Sehingga untuk melakukan transfer data ataupun melakukan approve suatu pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh selama terhubung dengan koneksi internet.
Lalu timbul pertanyaan bagaimana cara melakukannya ? Berdasarkan pengalaman saya pribadi, yang tidak terlalu paham pada system jaringan, maka saya menggunakan bantuan aplikasi / software yang bernama Teamviewer.

Bagi yang sudah mengenalnya tentu akan merasakan bagaimana mudahnya menggunakan software tersebut.

Beberapa syarat yang perlu anda ketahui dalam menggunakan teamviewer :

1. Adanya 2 buah perangkat yang akan terhubung baik secara local maupun non local.
2. Adanya koneksi LAN maupun koneksi internet yang stabil
3. Anda harus mengetahui ID dan PASSWORD dari perangkat yang akan diremote.
4. Masing-masing perangkat telah terinstall Teamviewer dengan versi yang sama dan kedua perangkat telah menjalankan Teamviewer.

Setelah anda menginstall Teamviewer, anda akan melihat Your ID and PASSWORD dari Teamviewer. Biasanya ID dalam bentuk angka sedangkan PASSWORD berbentuk kombinasi antara huruf dan angka, sebagai catatan password yang tampil tersebut akan berubah jiń∑a anda keluar dari aplikasi Teamviewer atau merestart komputer anda. Lalu bagaimana caranya agar ID dan Password tersebut tidak berubah saat meremote perangkat tersebut ? untuk dapat melakukan perubahan tersebut saya asumsikan sebagai berikut.
PC1 akan meremote PC2, dengan demikian PC2 yang perlu dilakukan perubahan konfigurasi dalam hal accessnya. Karena kita asumsikan PC2 ini berada di luar jangkauan dari PC1 maka kita harus mengetahui ID dan Password default sebelumnya.

Untuk dapat merubah akses ID dan Password berikut langkahnya :
1. Masuk ke menu Extras
2. Option
3. Pada Teamviewer option masuk ke General
4. Rubah your display name sesuai yang diinginkan sebagi pengganti ID sebelumnya.
5. Pilih Security
6. Masukkan password sebagai pengganti password sebelumnya.
Jangan lupa untuk OK setelah selesai melakukan perubahan. Cara ini adalah agar saat anda akan meremote kembali komputer client, anda tidak perlu memint user dan password. Anda cukup memasukan user dan password yang sudah anda rubah sebelumnya.

Untuk dapat terhubung ke PC2 maka pada PC1 harus memasukan ID pada bagian Partner ID seperti gambar awal pada postingan ini kemudian memasukkan password dari PC2. Jika remote berhasil maka akan menampilkan gambar seperti di bawah ini :
Agar dalam akselerasi remote terasa lancar sebaiknya anda dapat masuk ke menu view pada PC2 lalu pilih Optimize Speed. Dengan cara ini maka anda akselerasi akan terasa lancar karena akan menggunakan minimalis dalam hal graphicnya.

Selain untuk meremote, teamviewer ini juga dapat digunakan untuk mentransfer file layaknya seperti menjalankan explorer. Untuk dapat mentransfer file dari PC1 ke PC2 atau sebaiknya anda dapat masuk ke menu File & Extras --> Open file transfer. Setelah anda melakukan langkah tersebut maka anda akan dihadapkan pada menu file transfer seperti ini :
Dengan kondisi demikian anda dapat melakukan transfer dari local computer ke remote computer atau sebaliknya. Dan sebagai catatan untuk dapat menggunakan fasilitas ini dipengaruhi oleh akses dari koneksi internet maupun hub jika anda berada pada suatu jaringan (LAN) dan tentunya tergantung juga dari besar kecilnya file yang akan anda transfer.

Demikian cara meremote komputer dari jarak jauh, semoga dapat bermanfaat.



2 komentar

Oh, pake Teamviewer ternyata ya. Remote PC ini baru saya lihat pas kemarin ada software baru di kantor. Jadi teknisinya cuma ngerjain dari Bandung. Btw, sayanya di Indramayu. Thanks infonya gan.

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.
Komentar