Mengenal Rumus sederhana Date & Time


Jika pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai rumus excel untuk menghitung selisih waktu dengan menggunakan Fungsi Datedif, maka kali ini saya akan membahas mengenai penerapan rumus default yang telah tersedia di program microsoft excel sendiri dengan kategori Date and Time. Sebenarnya bagi yang sudah lama menggunakan microsoft excel tentu hal ini sudah merupakan hal yang biasa. Terlebih lagi mereka yang dapat memodifikasi cara penulisan tanggal dan waktu dengan menggunakan custom format untuk menampilkan tanggal dan waktu.

Kategori rumus "Date and Time"


1. DATE

Rumus Date ini digunakan untuk membuat tanggal, bulan dan tahun dengan fungsi penulisan =DATE(year;month;date). Sebenarnya fungsi ini jarang digunakan, karena pada umumnya user akan menulis langsung tanggal, bulan dan tahun pada satu cell. Namun jika dalam suatu tabel tertulis kolom Hari, kolom bulan dan kolom tahun maka untuk menyatukannya menjadi satu maka anda dapat menggunakan rumus ini. Sehingga dapat dilihat dalam table di bawah ini :

2. DATEVALUE

Fungsi ini digunakan untuk mengkonversi penulisan tanggal dengan format teks menjadi nilai seri. Misalkan anda memiliki tanggal 1 Juni 2018 yang tertulis pada cell A3 maka untuk menggunakannya anda dapat menggunakan rumus : =Datevalue(A3) sehingga akan menghasilkan 43252. Yang dimaksud dengan format teks disini artinya tanggal yang dituliskan adalah benar-benar format teks yang biasanya penulisannya diawali dengan tanda petik ('1 Juni 2018)

3. DAY, MONTH, YEAR, HOUR, MINUTE, SECOND

Fungsi ini dalam penulisan argumennya sama, sehingga saya jadikan satu informasi fungsi tersebut. Jadi jika diuraikan dari rumus-rumus tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

4. EDATE dan EOMONTH

Fungsi ini digunakan untuk menentukan selisih atau interval dari tanggal yang telah ada ke bulan selanjutnya atau bulan sebelumnya. Misalkan kita memiliki tanggal 6 Mei 2018 dan ingin mengetahui 8 bulan selanjutnya atau 9 bulan sebelumnya maka anda dapat mengetahui jatuh pada tanggal berapa, anda dapat menggunakan rumus =EDATE(Startdate;month)atau =EOMONTH(Startdate;month).
Dan jika dilihat dari hasil keduanya, yang membedakan adalah pada tanggal, dimana jika menggunakan EOMONTH maka tanggal yang akan ditampilkan adalah akhir tanggal bulan.

Baca Juga