Mengatasi Koneksi Internet dengan AdwCleaner


Bagi yang sering berselancar di internet, dengan akses internet diatas kecepatan rata-rata maka tanpa anda sadari membuat anda duduk berjam-jam di depan komputer maupun smartphone anda. Terlebih lagi bagi mereka yang senang mencari aplikasi gratis baik berupa tools, walpaper, music dan lain-lain. Ketika anda mendownload software dan disaat anda menginstalnya kadang software tersebut meminta kita menyetujui untuk menginstal tools tertentu yang akan terpasang pada browser anda. Delapan puluh persen pengguna komputer akan menyetujui hal tersebut. Hingga akhirnya lambat laun anda akan merasakan komputer akan berjalan lambat. Bahkan jika anda memiliki program aplikasi yang terhubung ke server tertentu, maka anda akan mengalami kegagalan untuk terhubung ke server tertentu dengan alamat protokol https. Hal ini dikarenakan anda gagal terhubung alamat ip maupun alamat port dari server tersebut. Hal ini bisa kemungkinan besar komputer anda telah terkena virus.

Mengatasi Gagal terhubung ke Internet :

1. Cek program yang terinstal.
Pada tahap ini anda dapat melakukan dua cara yaitu dengan masuk ke daftar program yang terinstal melalui control panel.
2. Cek program yang berjalan di system windows.
Anda dapat mengetahuinya dengan cara masuk ke task manager. Lakukan monitor, adakah program yang tidak dikenali. Jika ada lakukan end task / process.
3. Cek add on di browser anda, yang tidak diperlukan atau tidak dikenali.


Jika cara-cara di atas telah dilakukan namun tidak menyelesaikan masalah anda, anda dapat menggunakan program antivirus AdwCleaner. Program ini sudah saya buktikan disaat saya tidak bisa terhubung ke website Internet Banking dan Program pajak efaktur. Pada saat itu komputer terhubung ke internet namun saat menjalankan program efaktur selalu mendapat notifikasi kalau komputer tidak terhubung ke server.

Sedangkan saat itu browser berjalan dengan normal. AdwCleaner ini adalah antivirus yang cukup efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mengatasi Koneksi Internet dengan Adwcleaner :

1. Install adwcleaner
2. Scan, disaat proses ini anda harus terhubung ke internet karena adwcleaner akan mengupdate log / virus definationnya.
3. Booting komputer anda

Setelah selesai proses tersebut, saya dapat menjalankan program efaktur dan dapat juga terhubung ke Internet banking.

Jadi bagi anda yang pernah mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, anda dapat menggunakan adwcleaner untuk menyelesaikan permasalahan anda.

Sebagai langkah antisipasi untuk menghindari koneksi internet, sebaiknya anda melakukan :
1. Update antivirus secara berkala.
2. Jangan menerima tawaran pop up yang tidak anda kenal.
3. Lakukan scan flashdisk sebelum menggunakannya. Karena flashdisk merupakan media yang potensial tersinfeksi virus.
3. Aktifkan firewall jika memang diperlukan.
4. Jika anda menginstall program gratis, pilih option instalasi yang hanya diperlukan. Karena biasanya program gratis tersebut akan menawarkan instalasi pihak ketiga yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Baca Juga