Tuesday, October 17, 2017

Langkah-langkah untuk mengamankan akun gmail anda.

Pada umumnya setiap orang yang memiliki android pada umumnya sudah mengenal gmail. Gmail adalah salah satu produk google yang digunakan untuk membuat email. Product google yang bernama gmail, banyak dipergunakan oleh pemilik android. Karena saat akan menggunakan android pertama kali, maka pemilik android harus mendaftarkan alamat email untuk dapat terhubung dengan product google lainnya seperti : google play, google map, google chrome, google drive, google doc dan lain-lain.
Disini saya tidak membahas mengenai cara mendaftarkan atau bagaimana cara membuat akun gmail. Karena dalam pembuatannya cukup mudah. Baik yang akan membuat akun gmail yang baru atau yang sudah memilikinya dan ingin menghubungkan akun gmail ke android. Karena gmail ini terhubung dengan produk google lainnya, maka alangkah bijaknya jika kita benar-benar mengamankan akun gmail ini. Tujuan dari pengamanan ini banyak cara yang dapat kita lakukan. Mengapa hal ini perlu dilakukan ? Karena saat kita membuat akun gmail di android maka password dari gmail tersebut tersimpan secara otomatis pada android anda.

Oleh karena itu, perlu mengamankan password anda agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Bagaimana caranya ?
1. Untuk melakukan pengamanan, saat anda mendaftarkan email dan diminta nomor telp, jangan anda daftarkan no telp yang terpasang pada android anda. Dengan kata lain anda harus memiliki 2 nomor handphone. Artinya jika nomor yang terpasag pada android adalah nomor A maka untuk verifikasi gunakan nomor B. Dan jika nomor B  terpasang pada simcard android yang sama sebaiknya lepaskan nomor B tersebut dari android anda. Karena metode yang saya gunakan adalah dengan menggunakan 2 handphone. Jadi saya menggunakan handphone biasa yang terpasang nomor B sebagai verifikasi.

2. Daftarkan recovery email lainnya, bisa satu atau lebih dalam akun gmail anda tersebut. Hal ini berfungsi jika anda lupa password, maka anda dapat menggunakan recovery email tersebut.

3. Gunakan verifikasi 2 langkah, dengan tujuan agar saat ada seseorang masuk ke akun gmail anda maka diharuskan memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor handphone anda (dalam hal ini no handphone yang ke 2 dari point 1). Bagi yang telah memiliki email dan ingin mengaktifkan verifikasi 2 langkah, caranya adalah dengan masuk pada privacy akun yang berada pada pojok kanan atas saat anda telah login gmail.





4. Jika paket data anda cukup besar aktifkan selalu gps anda, dan install device manager. Hal ini berfungsi untuk melakukan kontrol jarak jauh melalui web, dimana untuk melacak keberadaan android, mengunci android atau menghapus data jika diperlukan.

5. Selain menggunakan cara-cara diatas, anda dapat melakukan auto forward email anda ke email recovery anda sebagai backup dari email anda. Untuk langkah ini anda dapat membaca posting saya sebelumnya :

Auto forward email.

Dengan mengetahui cara auto forward email tersebut, secara tidak langsung anda dapat mengetahui apakah daftar email yang ada pada kolom auto forward adalah milik anda atau bukan. Karena ada kalanya orang yang telah mengetahui password email anda akan menggunakan cara ini untuk dapat membajak isi email anda.

Sebagai antisipasi atau kewaspadaan terhadap email anda, maka saat anda menerima notifikasi "ada seseorang yang masuk ke akun anda" segera lakukan perubahan password anda jika memang bukan anda yang melakukan login ke akun anda. Tetapi jika anda yang melakukannya, abaikan.
Jika diperlukan, lakukan perubahan password secara berkala dengan waktu yang berbeda-beda.
Dan jika anda menerima email yang tidak diinginkan anda dapat menggunakan filter email  dengan cara :

Memblokir email yang tidak diinginkan

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengamankan akun gmail anda.

3 komentar:

  1. Makasih informasinya, sangat berguna untuk mengamankan akun email. mengingat email di jaman sekarang sangat penting....

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. pindahkan aja no yang teregistrasi ke hp lain jika ada. Untuk sosmed kan hanya perlu koneksi internet. Jadi bisa pakai kartu paket yang sekali pakai. Itu hanya sekedar saran...
      Semua kembali lagi ke kenyamanan pengguna.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.