Mengatasi garis tidak tercetak di Microsoft Word 2016


Setelah sekian lama menggunakan Microsoft Office 2013, akhirnya saya melakukan upgrade ke Microsoft office 2016. Saat awal pertama kali menggunakan Microsoft Office 2016 saya tidak menemukan kendala, karena dokumen yang saya kerjakan berupa teks biasa tanpa membuat shapes pada dokumen Microsoft Word. Hingga akhirnya saat saya akan mencetak slip gaji, saya menemukan masalah dimana shapes dalam bentuk garis batas tidak tercetak.
Karena biasanya saya tidak menemukan kendala tersebut, saya coba cetak di printer lain dan hasilnya tetap sama. Akhirnya saya coba melakukan print preview terlebih dahulu. Dan ternyata memang tidak tampil garis batas yang telah saya buat di slip gaji tersebut.

tidak bisa mencetak garis Ms Word

Pada Gambar kiri tampak terdapat gambar garis batas, sedangkan pada gambar sebelah kanan tidak tampil pada garis batas saat dilakukan print preview. Dengan kondisi ini, saya berpikir, kemungkinan besar penyebabnya adalah dari pengaturan / option dari Microsoft Word 2016 yang telah saya Install. Satu persatu saya coba buka option / pengaturan Microsoft Word 2016, hingga akhirnya saya menemukan masalah Draw a Shapes yang tidak tercetak. Hal tersebut karena pada Print drawing created in Word yang belum diaktifkan.

Cara Mengatasi Draw a Shapes yang tidak tercetak :

1. Pilih File - Option
2. Pada Dashboard Word Option, Pilih Display
3. Masuk ke bagian Print Options
4. Aktifkan Print drawing created in Word

Print drawing created in Word
5. Pilih OK

Setelah mengaktifkan Print drawring created in Word, akhirnya dokumen tersebut dapt tercetak garis yang telah dibuat. Masalah ini, memang sedikit menjadi pertanyaan saya. Apakah hanya Microsoft Office 2016 yang menyebabkan hal itu terjadi. Karena selama saya menggunakan Microsoft Office 2002 hingga 2013, saya tidak pernah mengalami kendala tersebut.

Kejadian ini sama halnya terjadi saat mengaktifkan text boundaris yang berfungsi sebagai batas margin yang telah dibuat. Kondisi text boundaris terbalik dengan Draw a shapes, dimana dalam dokumen kerja terlihat garis putus-putus tetapi tidak terlihat dalam print preview atau saat dokumen di cetak. Untuk sebagian pengguna text boundaris ini sangat bermanfaat jika suatu saat kita membuat format label stiker yang memerlukan garis bantu dalam melakukan pengaturan :
a. Horizontal pitch
b. Vertical pitch
c. Jumlah kolom horizontal, vertikal
d. Margin kiri, kanan dan sebagainya.

Dengan demikian Print Drawing created in Word dan Text Boundaris sangat bermanfaat bagi pengguna Microsoft Word, dan hanya perlu kebiasaan saat mengaktifkan text boundaris.

Baca Juga